MEDICAL CHECK UP ABH, LPKA PALU PASTIKAN HAK KESEHATAN ANAK TERPENUHI

/ Jumat, 26 Januari 2024 / 08.57

TOPINFORMASI.COM,PALU_Lakukan medical check up kepada seluruh Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu pastikan hak kesehatan anak terpenuhi, Kamis (25/1) siang.

Kepala Sub Seksi Perawatan John Adrianto, menuturkan bahwa medical check up terhadap anak binaan sebagai bentuk pemberian hak yang harus dipenuhi oleh negara.

“Setiap anak binaan berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang layak. Ini merupakan salah satu hak yang harus dipenuhi negara. Medical check up ini rutin dilakukan setiap minggu, namun jika terdapat keluhan pada anak binaan, kami tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada mereka,” terang John.

kegiatan ini ditujukan untuk  mendeteksi apakah ada penyimpangan terhadap kesehatan, pertumbuhan serta perkembangan pada anak binaan. 

“Jadi apabila ditemukan sejak dini pemasalahannya maka dapat ditangani dengan cepat, sehingga tidak menimbulkan dampak yang buruk kedepannya,”tambahnya.

Adapun Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan berat badan (bb), tinggi badan (tb), pemeriksaan gigi, mulut, telinga, kulit dan kuku. Selain itu dilakukan juga penyuluhan tentang kesehatan. 

Ni Made Lisnawati selaku petugas Kesehatan LPKA Palu mengatakan melalui kegiatan medical check up ini diharapkan Angka kesakitan dan indikasi penyakit menular pada anak dapat ditekan.

“Jadi kami terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan kepada anak. Bukan hanya program mingguan tetapi ada juga program kesehatan harian bahkan ada juga program terhadap kesehatan mental pada anak. Besar harapan kami, tingkat kesehatan yang baik di LPKA Palu dapat mewujudkan masa depan penerus bangsa yang berkualitas,” harapnya.

Kegiatan ini berlangsung di Klinik Ceria LPKA Palu, dan tentunya para petugas Kesehatan  berkoordinasi dengan seksi pengawasan sehingga kegiatan berjalan aman dan tertib.

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini