PERKUAT SOFT SKILL, LPKA PALU HADIRKAN PELATIHAN KETERAMPILAN CUCI KENDARAAN BERMOTOR

/ Jumat, 29 Desember 2023 / 14.42
 

TOPINFORMASI.COM,PALU_Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu kembali menghadirkan pelatihan keterampilan cuci kendaraan bermotor bagi anak binaanya,Jumat, (29/12) Pagi.

Hadir langsung di lokasi kegiatan, Kasubsi Administrasi Pengawasan dan Penegakan Disiplin, Herry Purwono didampingi 2 orang stafnya mengungkapkan  hal tersebut merupakan pengembangan minat dan bakat dalam perkuat soft skill bagi seluruh anak binaan.

Pada kegiatan tersebut diikuti 4 orang anak binaan yang sebelumnya telah melalui assesmen minat bakat oleh para wali/pengasuh serta mendapatkan rekomendasi pada hasil Laporan Penelitian Kemasyarakatan.

“Kami segenap jajaran pengawasan akan selalu siap mendukung tumbuh kembang bagi setiap anak serta siap dalam mengawasi segala program pembinaan yang dihadirkan,” ujar Herry

Diketahui kegiatan ini merupakan kali kedua dilaksanakan yang sebelumnya telah membuahkan hasil yang memuaskan dalam mengajarkan anak dalam memberikan bekal soft skill, tujuannya agar para anak binaan setelah keluar dari LPKA Palu selain menuntaskan pendidikan, mereka harus memiliki skill yang dapat dikembangkan di masyarakat.

“Kita ketahui bersama bahwa anak tidak boleh dipekerjakan, maka dari itu pelatihan keterampilan seperti ini harus terus kita laksanakan guna melatih dan memberikan bekal skill yang tentu saja akan berguna di tengah-tengah masyarakat nantinya,” tambah Herry

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor LPKA Palu, adapun teknik-teknik yang diajarkan yakni, cara penggunaan mesin air, sabun yang cocok pada cat kendaraan, serta perawatan peralatan setalah digunakan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh salah satu staf pengawasan, Adfinanto, dirinya menjelaskan bahwa dalam penggunaan peralatan harus perlu diperhatikan perawatannya, agar pada saat digunakan masih tetap dalam kondisi yang baik.

“Selain pelatihan keterampilan, kami juga mengajarkan perawatan pada alat-alat yang digunakan, jangan sampai ada yang berkarat, sehingga kondisinya masih bagus dan aman saat digunakan,” jelas Adfianto

Terlihat dari wajah para anak binaan serius dalam memperhatikan penjelasan dari pegawai, salah seorang anak, RN mengatakan dirinya sangat bangga mengikuti kegiatan tersebut. “Terima kasih kita terus diberikan pelatihan guna mengembangkan bakat dan potensi yang kita miliki, hal ini baru kita dapatkan, dan sangat menarik,” kata RN

Dilain sisi, Revanda Bangun selaku Kepala LPKA Palu sangat mengapresiasi kinerja jajarannya yang tentu saja terus berkomitmen dan menciptakan inovasi dalam mewujudkan generasi yang cerdas serta berprestasi.

“Terima kasih sudah menghadirkan pelatihan seperti ini, mari bersama kita wujudkan generasi yang beprestasi menuju indonesia emas 2045,” pungkasnya.

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini