LPKA PALU BERSAMA KANWIL KEMENKUMHAM SULTENG SEMARAK RAYAKAN HARI HAM SEDUNIA KE – 75

/ Jumat, 08 Desember 2023 / 17.18
 
TOPINFORMASI.COM,PALU_Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) semarak rayakan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke – 75 Tahun, dengan mengusung tema “Pemberian Hak dan Kewajiban serta Pembinaan terhadap Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Palu”, Jumat (8/12) Pagi.

Kegiatan yang bertempat di aula hunian anak binaan, dihadiri oleh Kepala LPKA Palu Revanda Bangun, Kepala Bidang HAM Sulteng Mangatas Nadeak, Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (P3HAM) Sulteng Fitriana Anas, Para Pejabat Struktural LPKA Palu, Para Tim Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sulteng, para Staf LPKA Palu dan seluruh anak binaannya.

Kegiatan ini diawali dengan penampilan seni musikal dari anak binaan LPKA Palu yang membawakan lagu “Jangan Menyerah”, membuat suasana peringatan tersebut menjadi lebih haru.

Selanjutnya Kepala LPKA Palu secara resmi membuka kegiatan, ia mengungkapkan sangat bersyukur dan berterima kasih karena kegiatan Peringatan HAM kali ini dapat dilaksanakan di LPKA Palu.

“Suatu kehormatan bagi kami LPKA Palu bisa di tunjuk untuk melaksanakan peringatan hari HAM sedunia, kita semua patut berbangga, namun tidak lupa untuk selalu menegakkan HAM karena ini merupakan suatu proses yang akan kita lakukan secara terus-menerus dalam memberikan pembinaan dan pelayanan bagi anak binaan maupun masyarakat,” sambut awal Revanda

Diketahui Bersama, HAM merupakan hal utama yang harus ditegakan, sudah sepatutnya untuk kita semua sebagai petugas di Kementerian ini agar terus memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat maupun anak binaan. 

Selain itu, Revanda menilai bahwa rencana program pembinaan di LPKA Palu dapat terealisasi dengan baik atas dukungan dari berbagai pihak khususnya Kanwil Kemenkumham Sulteng dan dirinya menambahkan bahwa pemenuhan Hak bagi anak binaan terus ditingkatkan dengan melakukan kerja sama ke berbagai stakeholders maupun para pemerhati anak lainnya.

“Suksesnya program pembinaan kepada anak binaan dan pelayanan kepada Masyarakat juga merupakan bagian dari komponen suksesnya daerah kita menjadi wilayah yang Layak anak dan budaya hukum yang baik. Kami berharap dalam proses pembinaan kepada anak binaan mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak,” tambahnya.

Usai di buka dengan resmi, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi tentang Pemberian Hak dan Kewajiban serta Pembinaan terhadap anak binaan di LPKA Palu oleh Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Sulteng, Mangatas Nadeak.

Dengan penuh semangat dan sinergitas tinggi, pihaknya menyampaikan kepada anak binaan dan seluruh hadirin yang turut hadir, bahwa peringatan hari HAM merupakan wujud bangsa dalam menghormati dan memajukan HAM secara universal. 

“Hak Asasi Manusia sejatinya tumbuh bersama dengan keadaban suatu bangsa, oleh karena itu kita harus menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia dan menghormati segala bentuk perbedaan yang ada. Untuk anak-anakku disini, kalian jangan pernah takut kehilangan hak-hak kalian sebagai anak, karena kami berkomiten untuk terus memberikan hak-hak kalian sebagai anak dan sebagai generasi penerus bangsa,” jelas Nadeak 

Pada momen tersebut, dirinya memberikan apresiasi kepada Kepala LPKA Palu dan jajarannya yang terus memberikan pembinaan yang baik kepada seluruh anak binaannya. “Terima Kasih Pak Kepal LPKA, Terus pertahankan kinerja baiknya dan terus tingkatkan inovasi pembinaan kepada anak serta Mari kita jadikan peringatan hari HAM sedunia sebagai momen untuk meneguhkan pemajuan HAM bagi setiap orang terutama untuk anak dalam mempersipkan mereka menjadi generasi penerus bangsa menuju Indonesia Emas Tahun 2045 mendatang,” tutupnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh anak binaan kepada pemateri dalam hal ini Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sulteng dan pihak LPKA Palu.  “Terima kasih atas dihadirkannya kegiatan ini, saya bercita-cita untuk menjadi manusia yang bermanfaat dan saling menghargai terhadap hak-hak setiap orang. Saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama,” ujar RH salah seorang anak binaan

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama serta menyuarakan Peringatan hari HAM Sedunia ke – 75 Tahun 2023 yang diperingati setiap tanggal 10 Desember mendatang.

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini