BNNK Batubara Rilis Capaian Ungkap Kasus Dan Penindakan Sepanjang Tahun 2023

/ Jumat, 22 Desember 2023 / 08.27

Batubara. Topinformasi.com 

BNNK Batubara melaksanakan Press Release Akhir Tahun pada Kamis 21 Desember 2023 bertempat di Kantor BNNK Batubara, tepatnya di Jalinsum Kecamatan Sai Balai.

Kepala BNNK Batubara Ir. Pinondang Poltak Marganda didampingi jajarannya menyampaikan, sepanjang Tahun 2023 BNNK Batubara telah melakukan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) diantaranya, ungkap kasus sebanyak 12 kasus narkotika dengan 19 tersangka. 

Dari hasil ungkap kasus di tahun 2023 BNNK berhasil menyita barang bukti sebanyak 163,62 gram narkotika jenis sabu, dan sejumlah barang bukti non Narkotika lainnya. Adapun kasus yang telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Negeri Batubara, tersangka dan barang bukti telah diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Batubara untuk proses hukum selanjutnya, "kata Pinondang 

Selain itu, dari seksi Pemberantasan BNNK Batubara bekerjasama dengan Polres Batubara, Kejaksaan Negeri Batubara dan Balai Pemasyarakatan Labuhan Ruku yang terbentuk dalam TAT (Tim Asesmen Terpadu) telah melaksanakan kegiatan Asesmen Terpadu dengan capaian sebanyak 189 orang. 

Sedangkan melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) juga telah dibentuk Desa Bersinar (Bersih Narkoba) yang mencanangkan Desa Binjai Baru, Desa Sumber Tani dan Desa Suka Ramai sebagai Desa percontohan untuk program P4GN dengan melibatkan dukungan Pemerintah Tingkat Desa hingga Kabupaten, "ujarnya.

Kemudian, BNNK Batubara juga membentuk Remaja Teman Sebaya guna menangkal penyalahgunaan Narkoba dikalangan remaja. Remaja Teman Sebaya yang dibentuk beranggotakan 100 pelajar terpilih dari 10 Sekolah tingkap SMP & SMA Sederajat di wilayah Desa Bersinar. 

Sepanjang tahun 2023 BNNK Batubara juga telah melaksanakan Tes Urine Narkoba kepada 250 pegawai Instansi Vertikal dan OPD Pemerintah Kabupaten Batubara, dan di Instansi Pendidikan sebanyak 150 siswa-siswi SMA "jelasnya.

Selanjutnya melalui Seksi Rehabilitasi BNNK Batubara telah membentuk dan mengkoordinir 8 orang Agen Pemulihan (AP) melalui Program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di Desa Binjai Baru dan Desa Sumber Tani Kecamatan Datuk Tanah Datar dengan jumlah klien 10 pecandu pemula dan berhasil pulih,"ujarnya.

Seksi Rehabilitasi juga melaksanakan layanan rawat jalan di Klinik BNNK Batubara sebanyak 20 orang klien secara gratis, dan melaksanakan Rehabilitasi Extraordinary kepada 8 orang yang terjaring Razia, serta melakukan pemeriksaan narkotika kepada 200 orang pemohon Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN),"tutup Pinondang. (dr)
Komentar Anda

Berita Terkini