PENUHI PSIKOLOGI ANAK BINAAN, LPKA PALU TERIMA PENDAMPINGAN DP3A KOTA PALU

/ Selasa, 03 Oktober 2023 / 16.27

TOPINFORMASI.COM,Palu_ Terus berupaya penuhi hak kepada anak, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu berikan pendampingan dan penjangkauan Psikolog kepada seluruh Anak Binaan, Selasa, (3/10). Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja sama LPKA Palu bersama Pemerintah Kota Palu (Pemkot) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimkemas, Henny, Kepala Seksi Pecegahan Kekerasan dan Perlindungan Anak, Muhammad sebagai perwakilan Kepala DP3A Kota Palu, Tenaga Psikologi, I Putu Ardika, Banua Mentor, Riski, serta Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Islam Negeri Datokarama (UINDK) Palu.

Membuka kegiatan, Kepala LPKA Palu Revanda Bangun mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangatlah penting dalam mendukung tumbuh kembang Anak. Dirinya pun mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan kepedulian DP3A Kota Palu yang dipimpin oleh Yudhi Riyani Firman, kepada seluruh Anak yang tanpa pernah lelah.

“Terima kasih kepada DP3A Kota Palu yang sangat serius dalam pendampingan kepada anak-anak binaan di LPKA Palu, tentunya ini semua anak-anak kita, calon penerus bangsa dan negeri ini, sudah kewajiban kita semua untuk penuhi hak-hak demi tumbuh kembang yang baik kepada mereka semua,” ungkap Revanda.

Tidak lupa target menuju kota layak dan ramah anak (KLA) selalu menjadi komitmen LPKA Palu “kita ketahui bersama, saat ini kota palu telah mendapatkan KLA Tingkat Pratama, ini menjadi tugas kita berasama, tuntaskan permasalahan anak di Kota Palu, ciptakan sinergitas antara stakeholders,  tentunya kami segenap keluarga besar LPKA Palu siap mewujudkan kota palu meraih KLA tingkat madya,” tambah Revanda

Menanggapi hal tersebut, DP3A Kota Palu yang diwakili oleh Kepala Seksi Pecegahan Kekerasan dan Perlindungan Anak, Muhammad mengungkapkan sebagaimana komitmen bersama apa yang menjadi harapan LPKA Palu akan terus ditingkatkan serta dipenuhi. “Apa yang telah menjadi komitmen kita bersama, akan terus kita tingkatkan dan penuhi, mari sukseskan kota palu yang layak dan ramah anak ujar Muhammad.

Dalam kunjungannya, Muhammad turut didampingi oleh tenaga psikolog, I Putu Ardika, serta Mahasiswa PPL UINDK jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI).

Selaku tenaga psikolog, I Putu Ardika memulai kegiatan dengan berkenalan secara langsung bersama seluruh Anak, membagi kelompok, dirinya melakukan diskusi ringan guna mengetahui karakter setiap Anak “Kita semua tentu mengetahui kekuatan didalam diri kita, kita harus mengerti apa kebutuhan kita, kesukaan kita, mari mengenal diri kita sendiri,” terangnya.

AJ, salah satu anak binaan megungkapkan sangat menikmati dengan sistem pembelajaran seperti ini, saling mengenal, saling interaktif antara satu dengan lainnya, “sangat senang bisa menceritakan yang sudah lama dipendam, rasanya lega didalam hati, terima kasih LPKA Palu, terima kasih kakak-kaka psikologi yang selalu semangat,” ungkap AJ
Kedepannya LPKA Palu bersama DP3A Kota Palu akan membuat program unggulan dalam pendampingan psikologi bukan hanya bagi anak berhadapan hukum (ABH), namun seluruh elemen masyarakat di Kota Palu yang tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak seperti, Pemerintah Kota Palu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, dan berbagai stakeholders pemerhati anak lainnya.

HUMAS LPKA PALU

Komentar Anda

Berita Terkini