PERKAYA ILMU AL-QUR’AN, ANAK BINAAN LPKA PALU PELAJARI ILMU TAJWID WAQAF DAN WASHAL

/ Senin, 06 Februari 2023 / 11.22
PALU_TOPINFORMASI.COM,Dalam meningkatkan pengetahuan akan ilmu agama dan Al-Qur’an, Anak binaan Pemasyarakatan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu pelajari Ilmu Tajwid tanda Waqaf dan Washal bersama tim pengajar Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, dengan didamping staf pembinaan, Senin,(6/2). Bertempat di ruangan musholla LPKA kelas II Palu.

Dalam Ilmu Tajwid, tanda Waqaf dan Washal merupakan tanda baca di dalam Al-Qur’an, waqaf adalah penghentian sejenak pada bacaan dengan memutuskan suara di akhir perkataan untuk bernapas, dengan niat ingin menyambungkan kembali bacaannya. Sedangkan washal adalah sebaliknya yaitu terus dibaca atau bersambung, artinya ketika ada tanda washal maka itu berarti kita perlu melanjutkan bacaan ke kalimat selanjutanya.

Pembelajaran ini bertujuan untuk memperbaiki serta meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak binaan agar lebih fasih dalam membacakan Al-Qur’an, karena tanda waqaf dan washal sendiri berfungsi dalam memperjelas bacaan.

“Adanya Tanda Waqaf dan Washal berfungsi untuk memperjelas bacaan Al-qur’an dan membantu agar bacaan menjadi teratur karena disetiap ayat ada waktu kapan kita harus berhenti atau melanjutkan bacaan,” jelas Harniah, tim pengajar Kemenag Kota Palu pada saat itu
Turut serta mendampingi pembelajaran, Staf pembinaan, Annisa juga menambahkan bahwasanya Ilmu tajwid terkhususnya tanda waqaf dan washal merupakan dasar ilmu tajwid yang harus dikuasai oleh setiap muslim dalam membaca al-qur’an.

“Ilmu tajwid khususnya waqaf dan washal merupakan tanda maupun simbol yang paling dasar untuk kita seorang muslim harus kuasai ketika hendak membaca Al-Qur’an agar bacaan kita tidak berantakan,” tambahnya.

Sementara itu, perlu diketahui juga, tanda waqaf dan washal memiliki bebrapa jenis symbol yang masing-masing memiliki makna tersendiri ketika didapati di dalam bacaan. (ant)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini