SIGAP LPKA PALU GANDENG PLN DAN INSTALATIR LISTRIK DARI AKLI LAKUKAN PENGECEKAN KELAYAKAN JARINGAN LISTRIK

/ Selasa, 28 Juni 2022 / 22.12
TOPINFORMASI.COM
BERITA LPKA PALU – Sesuai dengan perintah dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM tentang penertiban jaringan listrik dan peningkatan kewaspadaan keamanan dan ketertiban, Kepala LPKA Kelas II Palu melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pengecekan kelayakan instalasi listrik di LPKA Palu.

Hari ini, Selasa (28/06/2022), Instalatir Listrik  *PPILN ( Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional)*  dari *AKLI ( Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia )* langsung ke LPKA Kelas II Palu untuk melakukan pengecekan secara langsung instalasi listrik yang ada di LPKA Palu.

Tim instalatir yang terdiri dari dua orang An. *Yulius* sebagai Pemeriksa dan *Robert* bagian Pemasangan Instalasi dengan didampingi oleh Staf Keuangan dan Perlengkapan melakukan pengecekan dengan teliti mulai dari panel listrik, pembagian arus listrik, Ruang Genset sampai dengan kondisi kabel.

Dari hasil pengecekan yang dilakukan, Yulius selaku tim instalatir menerangkan kondisi instalasi listrik di LPKA masih dalam Kondisi baik , Hanya ada beberapa yang perlu dilakukan pembenahan. “Dari pantauan kami, panel-panel yang membagi arus listrik sudah bagus dalam hal pembagiannya, sehingga setiap bagian mendapatkan beban yang sesuai dengan kebutuhannya namun ada beberapa MCB saja yang perlu diganti karena bukan Standart  yang digunakan ” terangnya.

Mengenai kondisi kabel, menurutnya untuk kabel induk yang mengarah ke setiap panel masih dalam keadaan baik , sehingga bisa meminimalisir terjadinya konsleting . “Untuk kabel yang mengarah ke penerangan saya rasa masih cukup bagus, Hanya perlu dilakukan penambahan daya listrik dari kapasitas  23 KVA menjadi 33 KVA mengingat beban Listrik di LPKA Lumayan besar. Beliau Juga merekomendasikan untuk bermohon Gardu Listrik sendiri ke Pihak *PLN UP3* agar sehubungan dengan tegangan yang terkadang tidak stabil dikarenakan beban Listrik tersebut.

Menanggapi hal tersebut, *Kepala LPKA Palu Revanda Bangun* siap untuk menindaklanjuti masukan dari tim instalatir listrik. “Saya pasrahkan ke ahlinya pak, jika memang ada yang sudah tidak layak, nanti agar diganti saja. Terkait Rekomendasi Penambahan daya dan Permohonan Gardu Listrik sendiri , Kepala LPKA Palu memerintahkan agar Segera ditindaklanjuti dengan bersurat ke Pihak PLN UP3 agar segera mendapatkan solusi.

“Semoga dengan dilaksanakannya Pengecekan instalasi Listrik ini kiranya dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti Kebakaran ataupun Konsleting arus Listrik , pungkasnya. “ 

(Sumber : Humas LPKA Palu)
Komentar Anda

Berita Terkini