SAMBANGI RUANG PERAWATAN LPKA PALU, TIM DITJENPAS DUKUNG POSYANDU REMAJA

/ Rabu, 22 Juni 2022 / 19.58
TOPINFORMASI.COM,PALU_Diakhir kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) hari pertama, dengan didampingi Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu, Revanda Bangun, Tim Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) yang dipimpin oleh Last Sariyanti selaku Koordinator Pendidikan dan Pengentasan Anak, sambangi Ruangan Keperawatan LPKA Palu. Rabu, (22/6).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, menyampaikan beberapa program pelayanan kesehatan yang diberikan kepada setiap anak di LPKA Palu.

Menurutnya, selain intensif mendatangkan tenaga kesehatan tambahan dari mitra Kerja sama dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bulili Kota Palu, Tim Perawat LPKA Palu juga rutin melakukan pengecekkan kesehatan kepada setiap anak.

“Kami terus memantau dan memastikan setiap anak memiliki kebugaran yang diatas rata-rata. Dengan begitu padatnya kegiatan pembinaan seperti Kepramukaan yang menguras banyak stamina, tentu kami antisipasi dengan rutin memberikan asupan vitamin tambahan, kami tidak ingin mereka melewatkan setiap kegiatan pembinaan karena kesehatan yang terganggu,” terang Revanda.

Lebih lanjut, ia pun menyampaikan bahwa di LPKA Palu telah dibentuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Remaja yang tidak hanya dapat meningkatkan pelayanan kesehatan. Akan tetapi, dapat memberikan edukasi kepada setiap anak tentang bagaimana cara merawat pasien hingga dapat mengenali beberapa penyakit yang rentan terpapar bagi setiap manusia.

“Disini kami bentuk Posyandu Remaja kepada anak-anak kami. Jadi, mereka diberikan edukasi terkait pencegahan penyakit, perawatan pasien, hingga dapat menciptakan karakter seorang pemimpin bagi anak karena dapat memberi manfaat antar sesama,” lanjutnya.

Menyikapi hal tersebut, Last Sariyanti menyambut baik program tersebut dan berharap agar dapat ditingkatkan. Ia pun menyarankan agar dalam kegiatn tersebut dapat mengikutsertakan seorang Psikolog.

“Sangat baik untuk ditingkatkan, dan lebih baik lagi jika diikutkan dengan seorang Psikolog,” harapnya.

Senada dengan itu, Revanda Bangun pun menyampaikan bahwa penjangkauan Psikolog telah rutin diberikan kepada setiap anak.

“Untuk penjangkauan psikolog sendiri, telah rutin kami berikan kepada anak kami. Semuanya dihasilkan dari beberapa komitmen bersama para mitra kerja seperti DP3A Kota Palu, BKKBN Sulteng dan beberapa komunitas pemerhati anak. Saya pun pastikan setiap hari mereka dapat bimbingan seorang Psikolog, Syukurlah saya memiliki dasar keilmuan Psikolog,” tutup Revanda. (asr).
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini