Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru Polsek Patumbak Gelar Dialog & Silahturahmi Bersama Pendeta

/ Kamis, 05 Desember 2019 / 18.10

Medan,Topinformasi.com-Menjelang Perayaan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 1 Januari 2020, Polsek Patumbak menggelar dialog silaturrahmi dan rapat koordinasi bersama pendeta yang dilaksanakan di Aula Mapolsek Patumbak, Kamis (5/12/2019) pagi. Giat Dialog silaturahmi dan Rapat kordinasi ini dihadiri 60 orang Pendeta dan Pimpinan Aras Gereja di Wilayah Hukum (Wilkum) Polsek Patumbak.


Kapolsek Patumbak AKP.Ginanjar SH. SIK yang diwakili Wakapolsek AKP Yunita Restu Widya SIP didampingin Kanit Intel Iptu.P.Lumban Batu.SH.bersama Kanit Binmas Ipda.S.Panjaitan menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada
 para pendeta dan pimpinan gereja yang berada di wilayah hukum Polsek Patumbak yang telah hadir memenuhi undangan.


Dikatakan Restu, pihak Polsek Patumbak akan terus melakukan pemantauan dan
memonitor setiap moment acara ibadat Natal pada 24-25 Desember 2019 dan perayaan Tahun Baru 2020 disetiap Gereja-gereja yang ada. diwilayah hukum polsek Patumbak.


"Ada 68 gereja diwilayah hukum Polsek Patumbak. Semua gereja-gereja tersebut di prioritaskan dan memerlukan pengawasan khusus guna mengatisipasi kerawanan tindak kejahatan. Untuk itu pihak Polsek Patumbak akan tetap melakukan patroli dan siaga dilokasi gereja tersebut,"ujarnya



Selain itu kata Restu,untuk memaksimal
kan keamanan sangat diharapkan pihak gereja untuk mengfungsikan muda-mudi gerejanya guna menjaga keamanan pada saat acara natal yang diadakan di Gereja masing-masing.


Lebih lanjut Wakapolsek Patumbak AKP Restu menuturkan untuk menunjukkan  rasa kebersamaan dengan umat beragama lainnya yakni Umat Islam
Polsek Patumbak bermaksud memperbantukan ormas Islam dari Remaja Mesjid Majila guna membantu menjaga keamanan dan kenyamanan pada perayaan Natal dan Tahun Baru ini.


"Untuk terlaksananya ibadat-ibadat Natal bagi umat Kresten di semua gereja-gereja yang telah di prioritaskan, kami juga akan memperdayakan Ormas Islam Remaja Mesjid Majila untuk ikut serta membantu pihak Polsek Patumbak dan gereja dan dalam menjaga keamanan di ibadat Natal dan perayaan Tahun Baru,"tuturnya


Ia menjelaskan, dalam pelaksanaannya nanti Pemuda Remaja Mesjid ini akan diberikan surat keterangan dan tanda pengenal dari pihak Polsek dan akan didampingin langsung oleh pihak Polsek.


Ditegaskannya, silahkan laporkan kepada petugas apa bila terjadi potensi komflik di gereja masing-masing, agar  bisa kita pantau dan Monitor sampai dimana tingkat kerawanannya.


"Terkait hal itu dibawah komando Kanit Intel Iptu P.Lumban Batu dan Kanit Binmas Ipda.S.Panjaitan Polsek Patumbak akan selalu siap sedia memantau dan memonitoring penyelenggaraan Natal 24-24 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020 di Wilayah Hukum Polsek Patumbak," sebutnya


Diakhir arahannya, AKP kembali menyata
kan, terkait pelaksaan ini, nanti bapak Kanit Intel dan Kanit Binmas akan memberikan arahan dan nomor ponselnya kepada bapak dan ibu sekalian ,


"Saya atas nama Kapolsek Patumbak mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak-ibu sekalian diacara  silahturahmi sekaligus rapat kordinasi ini," bilang AKP Restu mengakhiri arahan dan
sambutannya dihadapan 60 pendeta yang hadir di acara tersebut.


Ditampat yang sama Kanit intel Polsek Patumbak Iptu P. Lumban Batu SH. dalam arahannya menyatakan agar pihak gereja dapat mengadakan Pam Swakarsa.


Dikatakannya tujuan diadakan Pam Swakarsa, selain menciptakan kemananan juga mengawasi dan memantau kenderaan yang akan masuk keareal parkir di setiap gereja masing-masing,  hal ini untuk menghindari kemacetan pada saat ibadat berlangsung


"Untuk gereja prioritas akan kita adakan Pam Swakarsa dari organisasi Islam Remaja Mesjid Majila,"ucapnya


Ditambahkannya, pengawasan personil Polsek Patumbak selalu ada pada semua gereja akan di awasi dan monitor melalui Patroli mobile pada moment malam Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.


"Pengawasan kami  tidak secara melekat, hanya saja kami pihak Polsek Patumbak akan melakukan melakukan pengawasan melekat dan kami pihak Intel tidak selalu nampak namun akan tetap ada, pada semua gereja kita tetap awasi dan monitor,"ungkap Kamit Intel Iptu P. Lumban Batu.


Sebelum mengakhiri arahannya, ia menyarankan dan berharap agar para Jemaat khususnya wanita untuk tidak memakai perhiasan yang berlebih guna menghidari munculnya aksi kejahatan dilingkungan Gereja pada moment Natal ini


"Untuk menghidari munculnya aksi kejahatan dilingkungan Gereja pada moment Natal dan Tahun Baru ini, saya atas nama Polsek Patumbak berharap dan menyarankan agar para Jemaat khususnya wanita untuk tidak memakai perhiasan yang berlebih," pinta Kanit Intel kepada Para Pendeta dan Pimpinan Gereja yang hadir.


Senada dengan itu pada kesempatan yang sama Kanit Binmas Ipda.S.Panjaitan menganjurkan memperdayakan Pam Swakarsa yang terdiri dari pihak gereja dan para pemuda gereja yang diaktifkan guna menjaga dengan maksimal keamanan dan kenyamanan situasi Ibadah Natal dan Ibadah Awal Tahun Baru.


“Mari kita perdayakan Pamswakarsa dengan mengaktipkan para pemuda digereja masing-masing guna menjaga keamanan dan kenyamanan situasi Ibadat Natal dan Tahun Baru,"ucapnya.


Ia juga berharap agar para Jemaat pada saat duduk dalam ibadat, agar memperhatikan dan mengenali orang yang duduk di sebelah kita. "Saya berharap agar para Jemaat pada saatd uduk agar memperhatikan dan mengenali siapa orang yang ada disebelah kita,"ucap Kanit Binmas Ipda.S.Panjaitan berharap.


Sementara pada acara dialog dan silaturrahmi sekaligus rapat koordinasi tersebut beberapa pendeta yang hadir mengajukan beberapa ide dan pendapat, menanggapi ide dan pendapat itu, Pihak Polsek Patumbak langsung  mengadakan dialog Interaktif.


Setelah mendapat hasil yang positip dan kesepakatan dalam dialog tersebut pihak Polsek Patumbak dan Para pendeta dan pemimpin Aras Gereja yang hadir. Acara diakhiri dengan makan dan berfoto bersama.(red)
Komentar Anda

Berita Terkini