PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI EKSPOR-IMPOR DI TUK NUSANTARA (MEDAN)

/ Minggu, 24 November 2019 / 16.53
Topinformasi, Medan || Lembaga Sertifikasi Ekspor Impor bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui wadah TUK Nusantara menggelar Uji Kompetensi Ekspor Impor level 1 (satu) yang dilaksanakan di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, Sabtu (23/11). Uji Kompetensi Ekspor impor ini di peruntukkan bagi peserta fresh graduate agar mereka memiliki skill yang kompeten dalam bidang ekspor impor terutama pada pengisian dokumen-dokumen ekspor.

Mengetahui dan kompeten di bidang ekspor terutama pada pengisian dokumen ekspor sangat lah penting. Hal ini menimbang dari program-program pemerintah Republik Indonesia di masa sekarang ini, berkaitan terhadap penggalakkan ekspor  untuk meningkatkan devisa Negara Indonesia, Ujar salah satu tenaga Pendidik Ekspor Impor, Ika Mary Pasaribu.

Beliau juga menambahkan bahwa nantinya setelah peserta dinyatakan kompeten dan mendapatkan sertifikat maka akan sangat berguna bagi sebagian penduduk Indonesia dalam menunjang program-program Pemerintah Republik Indonesia khususnya di bidang ekspor, di karenakan sudah sebagian besar peserta membuktikan bahwa mereka sudah di nyatakan melek terhadap dokumen ekspor yang selama ini di anggap rancu oleh sebagian penduduk  Indonesia. Oleh karena rancunya dokumen tersebut maka dari itu sebahagian besar penduduk Indonesia takut untuk melangkah ke arah eskpor terutama UKM di seluruh Indonesia, karena yang terbayang selama ini hanya hal ribet dan rumit pada gambaran dokumen ekspor, imbuh Ika.

Ika juga mengatakan bahwa tidak semua lapangan kerja dapat di peroleh dari  perusahaan – perusahaan di Indonesia. Ada kala nya rezeki seseorang sebagai bekerja membuka ukm, dan UKM - UKM kecil ini juga pastinya memiliki misi dan visi mengembangkan ukm nya. Nah bagaimana mereka mengembangkan ukm nya sudah pasti tidak hanya di pasar local, pasti mereka teringin suatu saat sebagai eksportir, membesarkan UKM mereka ke pasar internasional. Banyak pengaruhnya jika ukm melompat ke pasar internasional, penjual menjadi eksportir. Sudah pasti bukan hanya membesarkan UKM sendiri tapi juga menambah devisa Negara. Maka dari itu mempelajari dokumen ekspor ini tidak salah dan tidak kalah penting pada seluruh lapisan penduduk Indonesia.
Komentar Anda

Berita Terkini