Pasukan Gabungan Lanud Soewondo, Kosekhanudnas III dan Paskhas Laksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan

/ Kamis, 21 November 2019 / 19.20

Topinformasi.com-TNI AU. Seluruh pesonel Militer Lanud Soewondo dan Kosekhanudnas III mengikuti kegiatan latihan Pertahanan Pangkalan yang dibuka langsung oleh Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P. yang ditandai dengan penyematan pita latihan kepada peserta latihan dan juga kepada pelatih dari personel Yonko 469 Paskhas bertempat di apron Charlie Lanud Soewondo. Kamis (21/11).


Pada saat pembukaan latihan, Danlanud menyampaikan bahwa tugas pokok dari Pangkalan Udara adalah membantu dan mendukung jalannya operasi udara, juga berkewajiban memelihara dan mengamankan Pangkalan Udara dari gangguan, ancaman maupun serangan musuh dari dalam maupun luar dengan memberdayakan kekuatan yang dimiliki. Latihan Pertahanan Pangkalan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan personel Lanud Soewondo, Kosekhanudnas III dan Paskhas pada situasi yang genting dalam perebutan dan pertahanan pangkalan. Selain itu, juga untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapan personel dalam menghadapi tindakan-tindakan anarkis yang mengancam keamanan Lanud Soewondo dan disekitarnya. Sekaligus juga untuk mengetahui sejauh mana kemampuan personel Lanud Soewondo dan Kosekhanudnas III dapat menguasai dan melaksanakan latihan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dibawah pelatihan Personel Yonko 469 Paskhas.


Danlanud juga menyampaikan agar pada pelaksanaan latihan Hanlan, hendaknya dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sehingga peserta latihan dapat mengambil manfaatnya serta memperhatikan apa yang diberikan oleh pelatih, dengan begitu, kita akan dapat mencapai hasil yang maksimal, karena pepatah mengatakan, lebih baik mandi keringat dalam latihan dari pada mandi darah dalam pertempuran. Salah satu indikator keberhasilan dalam tugas yaitu terhindar dari accident maupun incident, untuk itu saya tekankan kepada seluruh peserta latihan untuk selalu waspada dan mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan, sehingga pelaksanaan latihan ini tidak menemui hal-hal yang tidak diinginkan, tegas Danlanud.


“Informasi dari Intelijen bahwa Lanud Soewondo akhir-akhir ini ada kesengajaan dari pihak luar untuk mengganggu yang mengakibatkan menurunnya kualitad dukungan operasi penerbangan karena Lanud Soewondo berfungsi sebagai Pangkalan Udara Operasional. Menindaklanjuti hal tersebut, pasukan Kamhanlan diperintahkan melaksanakan patroli untuk menjaga keamanan dan kelengkapan Alat Bantu Navigasi Udara. Pada saat patroli pasukan Hanlan dihadang oleh musuh dan terjadi baku tembak antara Pasukan Hanlan dengan pasukan musuh. Berkat kesigapan sebagai pasukan yang terlatih, akhirnya dalam waktu yang singkat pasukan musuh dapat dilumpuhkan”. Kembali informasi dari intelijen bahwa ada musuh yang berhasil melarikan diri kedaerah Saentis, hingga pasukan Hanlan diperintahkan melakukan pengejaran ke Saentis. Dengan ketrampilan patroli navigasi darat akhirnya musuh berhasil ditemukan dan dilumpuhkan pasukan Hanlan. Demikian skenario singkat latihan Pertahanan Pangkalan di Lanud Soewondo.

Latihan Hanlan gabungan Lanud Soewondo dan Kosekhanudnas III ini turut dihadiri dan diawasi secara melekat oleh Panglima Kosekhanudnas III Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., Danlanud Soewondo, para Asisten Kosek, para Kepala Dinas Lanud Soewondo, mulai dari latihan di areal Lanud Soewondo hingga pengejaran musuh ke daerah Saentis.(PenLanudSwo)
Komentar Anda

Berita Terkini