Ketua, Dua Hakim Pengadilan Negeri Medan Digeser

/ Selasa, 12 November 2019 / 06.06


Medan,Topinformasi.com-Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Kelas 1 A Khusus yang dijabat Djaniko Girsang diserah terimakan kepada Sutio Jumagi Akhirno yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua PN Bandung. Sedang Djaniko akan dipromosikan sebagai Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali.


Proses pergeseran pimpinan PN Medan ini juga diikuti dua hakim lainnya. Hakim Richard Silalahi juga mendapat promosi sebagai Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Palangkaraya, Kalimantan Tengah, disusul Hakim Nazar Efriandi yang dimutasi ke PN Klas IA Khusus Jakarta Selatan.


Humas PN Medan Jamaluddin MH yang ditemui dalam serah terima jabatan menyampaikan rotasi dan promosi adalah hal yang wajar di lembaga kehakiman, Mahkamah Agung.


"Jadi ada tiga hakim termasuk Ketua PN Medan yang bergeser. Untuk pengganti dua hakim lainnya sejauh ini belum ada kabar. Kita masih menunggu arahan Mahkamah Agung," ujar Jamaluddin.


Namun Jamaluddin menyampaikan dalam waktu dekat kemungkinan akan diketahui siapa pengganti Hakim Richard Silalahi dan Nazar Efriandi untuk beracara di PN Medan.


Proses serah terima jabatan Ketua PN Medan berlangsung khidmat di Ruang Cakra 1 Gedung PN Medan Kelas 1 A Khusus, Senin (11/11).siang


Selain Plt Wali Kota Akhyar Nasution, acara tutur dihadiri Ketua DPRD Medan Hasyim, Dandim 0201/BS Kol Inf Roy Hansen J Sinaga serta unsur Forkopimda Kota Medan. Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia.


Kemudian dilanjutkan Surat Keputusan dari MA serta diteruskan  pengambilan sumpah didampingi seorang rohaniawan Islam. Selanjutnya diikuti dengan penandatanganan berita acaar pengambilan dan fakta integritas. Setelah itu dilakukan pelantikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan Setiawan Hartono SH MH yang diikuti dengan pemasangan kalung jabatan. (Red)
Komentar Anda

Berita Terkini