Kapoldasu Dukung, Jadikan Gedung Warenhuis Ikon Kota Medan

/ Jumat, 20 September 2019 / 19.56

Medan,Topinformasi.com-Untuk menata dan mempercantik Kota Medan , Pemerintah Kota (Pemko) Medan melaksanakan giat menata Gedung Warenhuis dan kawasan sekitarnya yang berada  di Jalan Hindu, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat. Upaya penataan Gedung Werenhuis untuk menjadi salah satu  Ikon Kota Medan ini, juga mendapat dukungan dari Kapolda Sumut (Kapoldasu)  Irjen Pol Agus Andrianto, Jumat (20/09/2019).


Rombongan dari Pemko Medan dan rombongan dari jajaran Polda Sumut bekerja sama melakukan pembersihan di lokasi gedung bersejarah yang dulunya merupakan bangunan supermarket pertama di Kota Medan,tersebut.


Adapun kegiatan sebelum kebersihan,  gotong royong dilakukan, Kapoldasu lebih dulu memimpin apel yang dihadiri  Walikota Medan Dzulmi Eldin, Sekda Kota Medan  Widiya Alrahman serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan. Sebagai tanda simbolis dimulainya aksi bersih-bersih, Kapolda selanjutnya menyerahkan peralatan gotong royong kepada dua orang personel.


Usai apel, Kapoldasu dan Walikota selanjutnya mendengar penjelasan Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan Benny Iskandar. Dalam penjelasan singkatnya, Pemko Medan akan mengembalikan Gedung Warenhuis sebagai bangunan heritage, termasuk memperlihatkan gambar Gedung Warenhuis usai ditata nantinya berikut wilayah sekitarnya.


Setelah itu Walikota dan Kapoldasu memasuki Gedung Warenhuis untuk melihat langsung kondisi bangunan bersejarah tersebut. Keduanya tampak kagum dengan desain dan arsitektur bangunan peninggalan Belanda sekalipun kondisinya sudah banyak yang rusak. Sebagai wujud kepedulian untuk mengembalikan Gedung Warenhuis sebagai salah satu bangunan cagar budaya di Kota Medan, Walikota dan Kapoldasu sempat mengecet  tiang bangunan.


Selanjutnya rombongan Walikota dan  Kapoldasu berjalan kaki menuju Pasar Hindu yang lokasinya tidak jauh dari Gedung Warenhuis. Di belakang Pasar Hindu ternyata terdapat bangunan Madrasah Al Washliyah yang dibangun 30 Nopember 1930 dan kini dijadikan sebagai museum. Direcanakan, bangunan Madrasah itu juga akan direvitalisasi bersama Masjid Bengkok yang berada di Jalan Masjid.


Disela- sela kegiatan itu Kapoldasu selanjutnya menyampaikan apresiasi atas komitmen Pemko Medan dalam melakukan penataan di Kota Medan. Salah satu buktinya hingga kini Pemko Medan telah menumbangkan sekitar 4.500 papan reklame bermasalah yang ada. Atas pertimbangan itulah tegas Kapoldasu  beserta seluru jajaran siap mendukung penuh upaya Pemko Medan tersebut.


Terkait dengan penataan Gedung Warenhuis, Walikota ingin menjadikan bangunan bersejarah itu sebagai salah satu ikon membanggakan di Kota Medan. Dengan demikian Kota Medan tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata kuliner saja tetapi juga wisata heritage yang menarik di Tanah Air, dan menambah daya tarik wisatawan Asing untuk datang.( H.P/red)
Komentar Anda

Berita Terkini