Selesai Open House,Jokowi Ke Solo Bagi Sembako Warga Miskin

/ Kamis, 06 Juni 2019 / 20.03

Jakarta - Setelah open house di Istana Merdeka Jakarta, Presiden Joko Widodo pulang kampung ke Solo, Jawa Tengah, hari ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di Solo, Jokowi menyelenggarakan kegiatan sosial tiap lebaran. Dia membagi-bagikan sembako kepada warga miskin di halaman parkir Gedung Graha Saba Buana, Banjarsari, Solo.

Hanya saja bedanya, tahun ini pembagian dilakukan pada lebaran hari pertama dan mulai siang hingga sore hari. Sedangkan di tahun-tahun sebelumnya pembagian dilaksanakan di hari lebaran kedua mulai pagi hingga siang hari.

Pantauan di lapangan, warga mulai berdatangan sejak pukul 13.00 WIB. Mereka mengantre dengan kupon di tangan untuk ditukarkan dengan paket sembako. Pembagian sembako dimukai pukul 15.00 WIB tanpa menunggu Presiden Jokowi, pasalnya antrean sudah mengular sepanjang 100 meterPresiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana baru tiba setengah jam berselang. Mengenakan jas berwarna biru dongker lengkap dengan pin presiden, mantan Wali Kota Solo memantau proses pembagian sembako dan mendekati warga yang sedang antre.
Mengetahui kedatangan Jokowi, warga antusias bersalaman hingga meminta untuk berswafoto. Hampir 15 menit Jokowi berada di lokasi pembagian, ia kemudian kembali ke mobil untuk menunggu Iriana yang sedang membagikan sembako dan amplop berisi uang.
Kepada wartawan yang memanggil namanya, Jokowi hanya melemparkan senyum dan mengucapkan selamat lebaran.
"Mohon maaf lahir dan batin. Silahkan dicek sendiri isinya," ujar Jokowi ketika ditanya soal pembagian sembako.
Juru bicara keluarga Jokowi, Haryanto, mengatakan tahun ini ada 4.000 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat.
"Ada 3.000 kupon yang sebelumnya dibagikan melalui camat dan lurah kepada warga kurang mampu. Jadi warga menukarkan kupon dengan sembako. Tapi kami juga menyediakan 1.000 paket sembako untuk warga yang datang tanpa membawa kupon. Jadi totalnya ada 4.000 sembako," kata dia.
Kakak ipar Jokowi menambahkan pembagian sembako merupakan agenda rutin Presiden. "Selain tentunta sungkeman dengan Ibu Sujiatmi dan acara internal di kediaman," kata dia.
Komentar Anda

Berita Terkini