Melangkah Demi Kemanusiaan, Anggota Pos Waitomu berikan pertolongan

/ Jumat, 31 Mei 2019 / 10.33
Topinformasi, Ambon, -- Melangkah demi kemanusiaan, kata-kata tersebut sangatlah pantas diberikan kepada Prajurit Kepala (Praka) Endang dan Prajurit Satu (Pratu) Eko yang saat ini bertugas sebagai Tamtama Kesehatan (Takes) di Dusun Waitomu.

Dusun Waitomu berada di wilayah Kabupaten Maluku Tengah, di Dusun tersebut masih banyak warga yang kesulitan untuk mendapatkan akses kesehatan. Hal inilah yang dirasakan oleh Sdr. Pandi dimana dirinya sudah 10 (sepuluh) hari mengalami demam tinggi tanpa ada perawatan pengobatan sedikitpun.

Sakit yang dirasakan oleh Sdr. Pandi ini baru diketahui setelah mama Aderia (Ibunya) datang dan melaporkan kejadian itu ke Pos Waitomu. Awalnya anggota Pos sangat terkejut dan bingung dengan kedatangan mama Aderia karena dirinya terlihat sangat cemas dan panik, namun setelah ditenangkan dan dimintai keterangan akhirnya mama Aderia mulai menjelaskan permasalahan yang dihadapinya meskipun dengan ucapan yang terbatah-batah.

Setelah mengetahui permasalahan yang dihadapi, kemudian anggota Pos Waitomu bergegas menemani Mama Aderia dan memberikan pelayanan kesehatan kepada Sdr. Pandi. Menuju kerumah Sdr. Pandi tidaklah mudah para Prajurit tersebut harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit dengan melewati jalan yang berliku, namun hal ini bukanlah menjadi kendala dan hambatan bagi para Prajurit dalam memberikan pertolongan kepada warga di Desa binaannya. 

Setibanya, kedua Takes itu sangat prihatin dengan kondisi yang dialami Sdr. Pandi, dirinya hanya tergeletak dilantai dengan beralaskan tikar tipis tanpa ada penanganan medis apapun. Setelah dilakukan pemeriksaan awal oleh kedua Takes, maka diperoleh hasil pemeriksaan suhu : 39,7 0C, tekanan darah 90/60 dengan disertai mual dan muntah-muntah (Sakit typus). Sehingga dirinya harus diberikan pertolongan pertama dengan memberikan cairan infus. 

Namun setelah dilakukan observasi kondisi Sdr. Pandi tidak membaik, sehingga kedua Takes tersebut memutuskan untuk merujuk Sdr. Pandi ke Puskesmas Lahitu dengan menempuh jarak sejauh 8 KM dengan menggunakan sepeda motor milik masyarakat. “Menolong dan memberikan bantuan terhadap masyarakat yang berada di Dusun Waitomu ini merupakan kewajiban dan Tugas kami, mengingat kejadian yang dialami oleh Sdr. Pandi ini sangat berkaitan dengan keselamatan nyawa seseorang” tandas Danpos Waitomu Satgas Yonif RK 136/TS Letda Inf Sahrudi.
Komentar Anda

Berita Terkini