Gunung sinabung meletus lagi, Petani " Menderita"

/ Kamis, 09 Mei 2019 / 13.47
Topinformasi, Karo | Kurang lebih satu (1) tahun gunung Sinabung tidak menunjukkan aktifitasnya. Bahkan, kebanyakan warga Kabupaten Karo khususnya yang bermukim di seputaran kaki Sinabung sudah mengira gunung Sinabung tersebut sudah tenang selama-lamanya. Ternyata, perkiraan masyarakat Kabupaten Karo salah perediksi, terbukti kemarin, selasa
Pagi hari tiba tiba Sinabung kembali muntahkan abu panasnya yang sangat mengejutkan warga.

Demikian keluhan seorang warga Desa Lingga Julu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, yang bernama R Ginting (40) kepada moltoday.com ditemui di kawasan perladangan wartel dan kopi miliknya, Rabu (8/7/2019). "Semalam sekitar Pukul 07:48 WIB pagi, kami masyarakat Desa Lingga Julu ini sangat di kejutkan oleh gunung Sinabung itu. Karena abunya ke arah kami atau ke desa kami ini. Hampir 2 jam di guyur abu vulkanik. Makanya sudah putih semuanya ini," ungkapnya.

"Situasi gunung ini sudah hampir satu tahun tidak pernah lagi menunjukkan aktifitasnya seperti setahun yang lewat. Dulu sudah terbiasa kita melihat dan di guyur abu vulkanik. Karena datangnya pun abu vulkanik itu sudah macam makan obat tiga kali sehari. Makanya, semalam kami sangat kaget ketika melihat gunung itu erupsi lagi. Padahal sudah sangat  berharap  khususnya masyarakat yang bermukim di kaki Sinabung, karena harapan mereka sudah bisa balik ke desanya masing - masing walaupun sebagain sudah mendapatkan Huntap (Hunia Tetap), tapi walau pun begitu , yang namanya kampung kita sudah pasti kita kepingen melihatnya dengan kondisinya yang sekarang. Apalagi mereka dari masih kecil tinggal di desanya itu. Kalau desa kita ini, memang jauhnya dari puncak gunung Sinabung itu. Tapi asal erupsi, kita juga kena imbasnya. Seperti abu vulkanik inilah,  abang liat sendiri  daun kopi,cabe,wortel sudah putih semua," ungkap Ginting, sambil mengenakan masker.

Ditempat terpisah, Dansatgas Gunung Api Sinabung, Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara, SE., ketika di konfirmasi moltoday.com melalui via ponsel, mengatakan, "saya sebagai Dansatgas Gunung Sinabung tetap mengimbau kepada masyarakat atau wisatawan agar jangan memasuki ke zona merah yang sudah di tentukan, apa lagi mendekati ke aliran sungai Lau Borus , karena setuasi Gunung Sinabung masih berstatus awas atau di level 4.," imbau Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara, SE.

"Jadi, saya himbau sekali lagi janganlah memasuki ke zona merah, " pintanya. Pantauan awak media warga yang terkena dampak abu vulkanik tampak tengah sibuk membersihkan rumahnya masing - masing lantaran sisa abu vulkanik semalam. Kemudian, sebagian para petani tengah membersihkan bekas abu di daun - daun tanamannya.
Komentar Anda

Berita Terkini