TMMD Kodim 0201/BS Mampu Akselerasikan Pembangunan di Sicanang

/ Sabtu, 12 Agustus 2017 / 19.17
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 tahun 2017 Kodim 0201/BS di Kelurahan Sicanang Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan diyakini akan memberikan multi efek terhadap perkembangan wilayah sasaran di masa mendatang.

Salah satu dari sekian multi efek itu adalah terpacunya akselerasi pembangunan di Kelurahan Sicanang Belawan yang selama beberapa dekade terus tertinggal dibandingkan sejumlah kecamatan lain di wilayah Kota Medan.

Hal ini diakui Koordinator Umum Masyarakat Pribumi Indonesia (MPI) Anwar Bakti kepada sejumlah wartawan yang meminta tanggapannya tentang program TMMD Kodim 0201/BS di Kelurahan Sicanang Belawan, Selasa (11/7/2017).

Anwar menilai, program TMMD yang dilakukan Kodim 0201/BS tidak hanya dipandang sebagai sebuah gebrakan yang lama dinanti-nanti warga sekitar wilayah sasaran, tetapi juga menjadi stimulan untuk memacu akselerasi pembangunan di Kecamatan Medan Belawan yang selama ini praktis tertinggal dari 20 kecamatan lain di Kota Medan.

“Apa yang dilakukan Kodim 0201/BS patut mendapat apresiasi tinggi, dan karenanya hal ini tidak boleh dipandang sebelah mata oleh pihak terkait lainnya, terutama dalam mewujudkan tujuan pembangunan di kawasan Medan Utara,” kata Anwar.

Diungkapkannya, kekuatan militer bukan hanya diukur dari lengkapnya alutsista (alat utama sistem pertahanan), tetapi lebih dari itu bagaimana bisa berbaur dengan rakyat untuk bekerja dan membuat kesejahteraan lebih merata. Karena kemanunggalan TNI dengan rakyat sesuai motonya; Bersama Rakyat, TNI Kuat, Hebat dan Profesional.

“Program TMMD ini sangat positif untuk meningkatkan akselerasi pembangunan pedesaan. Karena desa merupakan sumber penyuplai bahan pangan ke perkotaan, dan hal inilah yang saya maksudkan sebagai kekuatan kita yang sesungguhnya,” ungkapnya.

Selain itu, Anwar berharap program TMMD ini dapat ditingkatkan lagi guna memaksimalkan pencapaian tujuannya. “Kita berharap program TMMD ini bisa dielaborasi ke daerah kumuh atau tempat-tempat yang menjadi korban bencana,” harapnya.

Ia menyebutkan, TMMD sangat positif karena menyentuh kebutuhan rakyat. “Sepengetahuan saya usulan programnya dari bawah. Babinsa, Koramil, dan Kodim, sehingga betul-betul menyentuh kebutuhan rakyat yang ada di lapisan bawah. Sejatinya program ini sudah berlangsung sejak TNI di bawah kepempinan Jenderal TNI MYusuf pada era 80-an dan terus berlanjut sampai sekarang. Alhamdulillah manfaatnya sangat besar dirasakan rakyat,” sebutnya.

Untuk diketahui, program TMMD ke-99 tahun 2017 Kodim 0201/BS di Kampung Sentosa Barat, Kelurahan Sicanang Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan mempunyai dua sasaran utama, yakni fisik dan non fisik.

Sasaran kegiatan fisik meliputi; pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur, Lingkungan 18 Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Kemudian perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur, Lingkungan 20, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa, Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. Rehab Masjid Jamik di Kampung Sentosa Barat, Lingkungan 20, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Berikutnya, rehab Masjid Taqwa di Jalan Tambak, Lingkungan 12, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, dan rehab Gedung SD Negeri 065010 di Jalan Kampung Sentosa Barat, Lingkungan 20, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Sedangkan sasaran kegiatan non fisik meliputi; penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan kesehatan, dan KB Kesehatan, serta penyuluhan bahaya narkoba, dan Kamtibmas.

“Jadi, program TMMD ini antara lain bertujuan untuk mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk memantapkan kesadaran bela negara dan disiplin nasional yang diselaraskan dengan program pemerintah daerah setempat. Dan yang paling penting, program TMMD juga berguna untuk percepatan pembangunan di wilayah pedesaan, terutama diprioritaskan untuk pembangunan wilayah tertinggal,” kata Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-99 Tahun 2017 Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Bambang Herqutanto yang juga Dandim 0201/BS disela-sela pembukaan acara di Lapangan Benteng Medan, Selasa (4/7/2017) lalu.
Komentar Anda

Berita Terkini