1.200 Orang Hadir Dalam Pembukaan TMMD ke-99 Tahun 2017 di Kodim 0201/BS

/ Sabtu, 12 Agustus 2017 / 20.51
Sekitar 1.200 orang peserta dan tamu undangan hadir dalam upacara pembukaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-99 tahun 2017 di Lapangan Benteng depan Makodim 0201/BS Jln. Pengadilan, Medan, Selasa (4/7/2017) pagi.

Para peserta yang hadir terdiri dari beberapa elemen masyarakat dan kesatuan diantaranya, anggota Kodim 0201/BS, Yonkav 6/NK, Yon Arhanud 11/WBY, Yon Armed 2/105 KS, Yon Zipur 1/DD, Yon Marhanlan Belawan, Lanud Soewondo Medan, Satgas TMMD, Polres Belawan, Sat Brimob Poldasu, Satpol PP Kota Medan, Anak Sekolah/Pramuka dan Masyarakat/Ormas.

Acara pembukaan itu juga dihadiri oleh para tamu undangan seperti Kasdam I/BB, Walikota Medan, Wakil Walikota Medan, Pangkohanudnas, Danlanud Soewondo, Danlantamal I Belawan, Dansat Brimob, Kapolrestabes Medan, Para Asisten dan Kabalag Kodam I/BB, Dandenpom 1/5 Medan, Ketua DPRD Sumut, Ketua DPRD Medan, Kajati Sumut, Kajari Belawan, Para Pejabat Gubsu dan Pejabat Pemko Medan. Dalam kata sambutannya, Walikota Medan, Drs. H T Dzulmi Eldin S MSi yang menjadi inspektur upacara mengatakan TMMD dulu dikenal dengan nama ABRI Masuk Desa (AMD), namun setelah era reformasi Kepolisian berpisah dengan TNI nama itu pun diganti.

"Walaupun namanya sekarang sudah berbeda namun tetap memiliki tujuan yang sama yakni bertujuan untuk mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat. Selain itu tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk memantapkan kesadaran bela negara serta disiplin nasional yang diselaraskan dengan program pemerintah daerah setempat," ujar Eldin.

Lebih lanjut Eldin mengatakan TMMD juga berguna sebagai program percepatan pembangunan di wilayah pedesaan terutama diprioritaskan untuk pembangunan wilayah tertinggal.

"Saya berharap dimasa mendatang kerjasama yang telah terjalin cukup erat antara TNI dengan seluruh elemen masyarakat akan makin ditingkatkan secara lebih intensif lagi agar keberadaan TNI di tengah masyarakat semakin dirindukan," tandasnya.

Sementara itu, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0201/BS, Kolonel Inf Bambang Herqutanto mengungkapkan ada sekitar 110 anggota TNI yang langsung turun ke Sicanang, Kec Medan Belawan, Prov Sumatera Utara.

"Disana ada beberapa kegiatan yang kita lakukan diantaranya kegiatan fisik meliputi pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur, Lingkungan 18. Kemudian perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter, pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter dan merehab Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur, Lingkungan 20," ungkap Kolonel Inf Bambang Herqutanto.

Kemudian, lanjut Alumni Akmil Magelang Tahun 1995 ini mengatakan pihaknya juga akan melakukan rehab terhadap bangunan Masjid Taqwa di Jln. Tambak Lingkungan 12 dan merehab bangunan SDN 065010 di Jln. Kampung Sentosa Barat, Lingkungan 20.

"Sedangkan kegiatan non fisik yang kita adakan meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan kesehatan dan KB kesehatan, serta penyuluhan bahaya narkoba dan Kamtibmas," tukas mantan Asintel Kasdam I/BB ini. Pantauan awak media, seusai upacara, terlihat Satgas TMMD dan anggota TNI lainnya langsung bergerak menaiki truk menuju lokasi TMMD.
Komentar Anda

Berita Terkini