TNI AL Gagalkan Penyelundupan 20 Ton Bawang Asal Thailand

/ Selasa, 11 Juli 2017 / 19.50
Belawan - Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal I, Minggu (9/7), menggagalkan penyelundupan puluhan ton bawang merah dan jenis pohon tertentu yang telah dibonsai asal Thailand ke Sumut melalui Perairan Sungai Air Masin, Desa Air Masin, Kecamatan Seruwai, Kabupaten Aceh Tamiang, diangkut KM Sumber Rezeki 3 GT 15 No. 114/GGd dan KM Trisula 1 GT 34 No 448/QQG.

Selain kedua kapal motor tersebut, pihak TNI AL juga mengamankan 2 unit truk yang akan digunakan untuk mengangkut bawang merah dan pohon bonsai selundupan ke gudang pemilik barang ilegal tersebut.

Kadispen Lantamal I di Belawan, Mayor Laut Sahala Sinaga yang dikonfirmasi wartawan, Senin (10/7) menyebutkan, kedua kapal motor bermuatan kurang lebih 20 ton bawang merah serta 27 batang pohon yang telah dibonsai asal Thailand itu, dapat diamankan setelah dilakukan pengintaian sejak Sabtu malam (8/7).

Disebutkan, sesuai pengakuan salah seorang ABK yang turut diamankan yakni Sya alias Can, bawang merah dan pohon bonsai tersebut merupakan pesanan seorang oknum aparat keamanan, Serma S yang juga diduga merupakan pemilik KM Sumber Rezeki 3.

Guna pengusutan lanjut, seluruh barang bukti dan ABK kini diamankan di Pos TNI AL Langsa untuk selanjutnya diserahkan ke pihak Bea dan Cukai, Kota Langsa.

 

Source
Komentar Anda

Berita Terkini