Rayakan Idul Adha 1445 Hijriah, LPKA Palu Gelar Takbir Bersama Anak Binaan

/ Senin, 17 Juni 2024 / 08.26

TOPINFORMASI.COM,PALU – Menyambut perayaan Idul Adha 1445 Hijirah yang akan jatuh pada hari Senin, (17/6/2024), Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu menggelar takbir bersama para anak binaan.

Hal tersebut disampaikan Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun dalam keterangannya, Minggu, (16/6/2024). Dia menerangkan bahwa takbir malam Idul Adha merupakan tradisi penting bagi umat Islam dalam menyambut Hari Raya Idul Adha. 

“Takbir ini dilakukan sejak malam hari menjelang Idul Adha dan berlanjut hingga pagi hari sebelum shalat Idul Adha dilakukan,” terang Revanda

Selanjutnya, Revanda menjelaskan, takbir ini merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk tetap dilaksanakan agar para anak binaan dapat merasakan suasana keagamaan seperti di luar LPKA.

Adapun tujuan dilakukan takbir ini adalah mengagungkan kebesaran Allah SWT dan merayakan salah satu hari besar dalam Islam dengan penuh rasa syukur dan kebahagian.

“Ini merupakan komitmen kita dalam meningkatkan spiritual dan keimanan kepada para anak binaan. Walaupun berada dalam lingkungan terbatas, kita tidak ingin mengurangi rasa kemenangan di dalam diri mereka,”jelas Revanda

Bertempat di Mushola LPKA Palu, Takbir ini dipimpin langsung oleh salah stau staf Pembinaan, Taufiq Hidayah menyampaikan rasa syukur dan bangganya kepada para anak binaan yang terus berusaha memperbaiki diri untuk menjadi generasi muda yang berahlak mulia.

“Kewajiban kita untuk terus memperkuat iman dan takwa para anak binaan agar menjadi lebih baik. Hal ini juga menjadi wadah mempererat tali silahturahmi di antara anak binaan dan petugas,” ungkap Taufiq

“Kegiatan keagamaan ini juga menjadi bagian dari proses rehabilitasi moral dan mental bagi anak binaan,” tambahnya

Pelaksanaan takbir ini mendapat dukungan dan apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar. Dalam pernyataannya, ia menekankan bahwa peningkatan bidang keagamaan merupakan hal terpenting dalam proses pembinaan di Lapas/Rutan/LPKA.

“Terus tingkatkan program pembinaan yang berkualitas bagi narapidana dan anak binaan, sehingga dapat mewujudkan Pemasyarakatan Pasti Berdampak kepada setiap elemen masyarakat,” pungkas Kakanwil Hermasnyah

Dengan pelaksanaan takbir dan keagamaan lainnya di LPKA Palu, diharapkan para anak binaan tetap merasakan kebersamaan dan dapat mengambil hikmah dari setiap kegiatan yang dilakukan.

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini