PASTIKAN PROGRAM PEMBINAAN TEPAT SASARAN, LPKA PALU BERSAMA BAPAS PALU LAKSANAKAN LITMAS AWAL BAGI ANAK BINAAN

/ Jumat, 22 Maret 2024 / 13.44
TOPINFORMASI.COM,PALU – Sebanyak satu orang anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas II Palu mengikuti Penelitian  Kemasyarakatan (Litmas) yang dilaksanakan oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Palu, Jumat, (22/3) Pagi. 

Bertempat diruang Seksi Pembinaan dan Seksi Registrasi, kegiatan ini dilaksanakan oleh satu orang PK, Sukarno yang turut serta didamping oleh Kepala Seksi Registrasi, Yeffri Haryanto Balili dan Kasubsi Penilaian dan Pengklasifikasian, Andi Hermawan.

Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengungkapkan Litmas Awal merupakan upaya dalam pemenuhan hak-hak anak binaan dimulai sejak anak baru diterima di LPKA hingga 1/3 masa pidana .

“Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi yang di dalamnya mencakup juga hasil profiling dan assesmen, yang nantinya menjadi dasar untuk menentukan program pembinaan yang tepat bagi setiap anak binaa,” ungkap revanda

Selanjutnya ia berharap jalinan sinergitas yang dibangun bersama Bapas Palu dapat terus terjalin agar mendukung tumbuh kembang bagi setiap anak serta dapat menciptakan generasi yang unggul. “Dengan jalinan sinergitas ini, besar harapan dapat mewujudkan Pemasyarakatan PASTI Berdampak,” tuturnya

Sementara itu, PK Bapas Palu, Sukarno, mengatakan Litmas Awal dilakukan kepada anak binaan yang baru masuk setelah tujuh hari menjalani masa pengenalan lingkungan di LPKA Palu.

“Litmas ini terdiri dari pengumpulan, pengolahan, analisis, serta penyiapan data yang sistematis dan objektif. Kita Bersama-sama hadir disini untuk mengetahui program apa yang tepat diberikan kepada anak binaan agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Setelah itu data akan kami tuang dalam sebuah laporan yang nantinya akan melewati tahap Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan,” ujar Sukarno

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar dan berharap agar Lapas/Rutan/LPKA dapat memberikan program pembinaan yang tepat bagi seluruh Warga Binaan/anak binaan yang didasari dari hasil Litmas.

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini