GUNAKAN PENDEKATAN HUMANIS, LPKA PALU : KUNCI SUKSES PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

/ Jumat, 26 Januari 2024 / 08.59

TOPINFORMASI.COM,PALU_Gunakan pendekatan yang humanis dengan para Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu menjadikan kegiatan ini sebagai kunci sukses pembentukan karakter anak, Kamis (25/1) sore.

Hery Purwono, selaku Kepala sub seksi Administrasi Pengawasan dan Penegakkan Disiplin, mengatakan dengan pendekatan yang berpusat kepada anak serta dengan sikap yang humanis, maka para anak binaan akan merasakan interaksi yang diciptakan dapat merangkul, mengayomi, serta mampu menjadi pendengar yang baik.

“Hal terpenting dalam kegiatan ini yakni memberikan pelajaran kepada anak binaan bahwa menjaga interaksi dan komunikasi yang baik dengan makhluk sosial mengajarkan kita untuk saling peduli, merangkul sehingga dapat tercipta lingkungan yang positif,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Komang Suyanta selaku Kepala Regu Pengawasan mengatakan penanganan di LPKA sangat berbeda dengan di Lapas/Rutan. 

“Jadi dalam melakukan pelayanan terhadap anak binaan, kita perlu sterategi terpadu sebagai salah satu cara untuk mengetahui karateristik dari masing-masing anak binaan, ini akan memudahkan kita untuk mendeteksi jika terjadi gangguan keamanan dan ketertiban,” jelas Komang.

Tujuan utama LPKA Palu menggunakan metode pendekatan humanis, agar  anak mampu mengungkapkan perasaannya untuk mengurangi beban emosional. Ini menjadi salah satu metode pendekatan dalam self-awarness atau kesadaran diri pada anak binaan.

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini