LPKA PALU SULAP BRANGGANG MENJADI APOTEK HIDUP

/ Rabu, 13 Desember 2023 / 18.28

TOPINFORMASI.COM,PALU_Apotek merupakan sebuah tempat untuk menjual obat-obatan berbahan kimia, di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu, terdapat Apotek berupa lahan yang ditanami berbagai macam tanaman hidup yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Dikenal sebagai Apotek Hidup, LPKA Palu memanfaatkan daerah Branggang untuk menanam tanaman berkhasiat tinggi, mulai dari Jahe, Kunyit, Temulawak, kencur, Jeruk Nipis, Serai, dan lain sebagainya, Rabu (13/12) pagi.

Are Branggang dan lahan sekitar LPKA Palu diolah oleh seluruh anak binaan yang dibagi menjadi beberapa kelompok diantaranya ada yang menanam tanaman herbal di area Branggang dan ada yang menanam tamanan hias untuk memperindah halaman di dalam kantor LPKA Palu. 

Kegiatan ini di monitoring dan dibimbing langsung oleh Kepala Subseksi administrasi Pengawasan dan Penegakkan Disiplin, Hery Purwono, bersama regu Pengawasan, Putu Yapet dan Dwi, sebagai bentuk pembinaan dengan memanfaatkan lahan sekitar.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk anak binaan kedepannya karena melalui kegiatan ini mereka mengetahui cara bercocok tanam yang baik serta mengetahui macam-macam tanaman yang dapat dijadikan obat-obatan herbal,” ungkap Hery 

Nantinya para anak binaan rutin menyirami semua tanaman dan memberikan pupuk untuk memastikan tanaman tumbuh dengan baik. Meski belajar secara otodidak, mereka mampu merawat tanaman.

“Kami mengajarkan anak untuk bisa memanfaatkan area sekitar dengan menanam tanaman herbal. Nantinya kalau ada petugas ataupun anak binaan yang membutuhkan untuk kesehatan, hasil dari Apotek Hidup ini bisa dimanfaatkan untuk pengobatan,” tambah Hery.

Salah seorang anak AR mengungkapkan rasa senangnya karena bisa bercocok tanam di Apotek Hidup. “Disini saya bisa menambah wawasan dengan belajar banyak tentang tanaman hidup. Pokoknya saya senang bisa merawat tanaman ini apalagi bisa dimanfaatkan oleh banyak orang,” ungkap AR.

Kedepannya, akan banyak tanaman herbal yang akan dikembangkan untuk memenuhi Apotek Hidup di LPKA Palu.

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini