Ketua Komisi ll DPR RI Ungkapkan Uang Ganti Rugi Lahan Perkantoran Pemerintah Kabupaten Batubara Belum Diterima PT Socfindo

/ Selasa, 19 Desember 2023 / 12.16

Batubara. Topinformasi.com

Ketua Komisi II DPR RI Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tanjung silahturahmi dengan tokoh Gemkara dan insan Pers yang tergabung dalam wadah Warung Apresiasi pres (Wappress) pada Senin 18/12/2023.

Silahturahmi dengan tema ngobrol santai itu digelar di kantor DPC Partai Golkar Kabupaten Batubara, tepatnya di Jalinsum Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh. Doli didampingi Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Batubara Ismar Khomri.

Dalam kesempatan itu, didampingi Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Batubara Ismar Khomri, Doli mengungkapkan, DPR itu sangat senang berteman dekat dengan Wartawan, karena wartawan yang selalu mempublikasikan apa yang dikatakan atau dikerjakan wakil rakyat," jelas Doli.

Wartawan itu sangat istimewa, karena memiliki akses tersendiri dalam menyampaikan segala bentuk perkembangan maupun persoalan yang terjadi di daerah hingga masuk ke Istana Presiden (Pemerintah Pusat)."ujarnya.

Silahturahmi itu diwarnai diskusi pembahasan persfektif, baik tentang penyelenggaraan pemerintah, politik hingga sosial secara lokal maupun nasional. 

Diskusi itu juga saling bertukar informasi hingga banyak mendapat pengetahuan. Doli juga banyak menerima masukan tentang situasi dan kondisi terkini yang terjadi di Kabupaten Batubara, diantaranya permasalahan sengketa agraria di Kabupaten Batubara yang hingga saat ini masih belum tuntas. 

Diantara masalah sengketa agraria yang mengemuka adalah masalah antara PT Emha dengan Kelompok Tani (Poktan) Rukun Sari di Kelurahan Sipare-pare Kecamatan Sei Suka. 

Juga masalah uang ganti rugi lahan Perkantoran Pemerintah Kabupaten Batubara yang hingga kini  belum diterima PT Socfindo Kebun Tanah Gambus, dan sengketa antara PT Socfindo  dengan Koptan Karang Makmur di Desa Sumber Makmur Kecamatan Lima Puluh. 

Disampaikan juga masalah klasik yang menimpa nelayan yang mengakibatkan nelayan tradisional sulit bahkan tidak mendapat tangkapan ikan di laut. Masalah timbul akibat beroperasinya pukat trawl dan tank kerang di zona tangkapan nelayan tradisional. 

Menanggapi masukan-masukan tersebut, Doli memberi banyak sekali wejangan dan saran kepada Divisi Gemkara dan wartawan yang hadir. 

Menyinggung alasannya menjadi legislator dari Dapil 3 Sumatera Utara, dengan gamblang Doli mengatakan berasa pulang kampung bila mengunjungi Asahan. 

"Meskipun saya dikatakan orang Medan karena pernah tinggal disana namun saya pilih Dapil Sumut 3 karena sejak dahulu saya merasa pulang kampung bila ke Asahan. Jadi saya mau bantu kampung saya", ucapnya. 

Mengenai peran strategis Gemkara yang memperjuangkan pembentukan Kabupaten Batu Bara diakuinya hingga 20 tahun kedepan tetap diperlukan peranannya. 

"Organisasi yang memperjuangkan pembentukan daerah otonom baru tetap menjadi kekuatan dalam mengontrol pemerintahan setidaknya hingga 20 tahun kedepan", tegasnya. 

Sedangkan terkait pembangunan Kabupaten Batubara kedepan, Doli mengatakan akan dibicarakan awal tahun depan bersamaan bebasnya tokoh Gemkara OK Arya Zulkarnain. 

"Saya telah ketemu dengan OK dan rencananya saat keluar Januari akan kita siapkan sambutan besar sembari membicarakan pembangunan dan apa yang dibutuhkan Kabupaten Batubara kedepan", terangnya. 

Dikatakan Doli apa hasil pembicaraan saat penyambutan OK Arya akan disampaikan kepada Pj Bupati Batubara yang akan bertugas mulai 28 Desember 2023 ini. 

Terkait komisi yang menaunginya di DPR, politisi senior Partai Golkar tersebut menjelaskan Komisi II DPR membidangi politik dan pemerintahan dalam negeri, BPN/Agraria, Kepegawaian, soal IKN hingga soal Kades."tukasnya. (dr)

.
Komentar Anda

Berita Terkini