Tanggul Sungai Dalu - dalu Desa Sukaraja Terancam Jebol, 10 Desa Terancam Banjir

/ Selasa, 15 November 2022 / 12.31

Batu Bara,TOPINFORMASI.COM, kedannews - Sungai Dalu - Dalu meluap, akibat banjir kiriman dan Simalungun, beberapa titik air melewati tanggul sungai (Timpas). 10 desa yang berada di Kecamatan Air Putih, Batu Bara terancam banjir.

Kepala Desa Sukaraja, Muhammad Rafiq, melalui Sekretaris Desa, Suardi, mengatakan air sungai Dalu - dalu meluap sekira pukul 05.00. Wib. Selasa (15/11/2022).

"Ada dibeberapa titik air sungai melampaui tanggul hingga 25 cm. Karena kita khawatir jebol langsung dilakukan penimbunan dengan menggunakan karung goni diisi pasir, gotong royong warga," sebut Suardi.

Sebelumnya Pemerintahan Desa Sukaraja telah mengajukan permohonan ke dinas terkait di Provinsi Sumatera Utara, Pemkab Batu Bara, agar dilakukan normalisasi sungai, dan perbaikan tanggul yang rusak akibat beroperasinya tangkahan pasir liar, ujarnya.

"Syukur Alhamdulillah, air sungai sekarang sudah surut 50 cm, namun kita tetap waspada, apabila curah hujan tinggi di wilayah Siantar Kabupaten Simalungun," jelas Suardi.

Pantauan media, debit air tinggi yang datang dari hulu sungai Bahbolon juga sempat timpas di tanggul sungai Desa Tanjung Muda, Kecamatan Air Putih. Jembatan Jalinsum antara Desa Sukaraja dan Pematang Panjang sudah tersentuh dengan air.

Warga juga mengharapkan agar pemerintah cepat dan tanggap terhadap kondisi Sungai Dalu - dalu yang sewaktu - waktu dapat mengancam pemukiman warga. (Plk)
Komentar Anda

Berita Terkini