Saling Menguntungkan Kerjasama Replanting PSU Tanjung Kasau, Koptan Rukun Sari Apresiasi

/ Kamis, 10 November 2022 / 01.11

Batu Bara ,TOPINFORMASI.COM- Kerjasama yang dilakukan PT Perkebunan Sumatera Utara (PT PSU) dengan Kelompok Tani ( Koptan) Rukun Sari Sei Suka, sangat menguntungkan petani juga pihak perkebunan. Atas kepercayaan PSU  bermitra dengan Koptan Rukun Sari, kita sangat apresiasi, dan petani berharap ini dapat berkesinambungan. 

Hal tersebut diungkapkan Ketua Koptan Rukun Sari Sei Suka, Ali Efendi, kepada wartawaan saat dilokasi replanting PT PSU, Perkebunan Tanjung Kasau, Kecamatan Laut Tador, Batu Bara. Rabu (9/11/2022).

"Atas nama Koptan Rukun Sari, kami sangat mengapresiasi dan terima kasih, atas kepercayaan pimpinan PT PSU Tanjung Kasau untuk melakukan kerjasama replanting kebun kelapa sawit, dan saat ini kita sudah menurunkan eksavator untuk perbaikan drainase, 91 hektar lahan lagi dikerjakan," sebut Ali Efendi.

Efendi juga menyebutkan puluhan petani juga mengucapkan hal yang sama kepada PSU.

"Kerjasama ini saling menguntungkan kedua belah pihak, petani bisa menanam ubi dan jagung dan pihak PSU tidak lagi mengeluarkan biaya replanting," 

Koptan Rukun Sari Sei Suka dan para petani mengharapkan agar kerjasama replanting bisa berkelanjutan.

"Kita berharap kerjasama ini bisa berkelanjutan ketika PSU melakukan replanting. Ini sangat positif untuk meningkatkan perekonomian warga yang berada di sekitar perkebunan, semoga perkebunan yang lain bisa mengikuti apa yang dilakukan oleh PSU," harap Efendi.

Terpisah, Manager PT PSU Tanjung Kasau, Bukhori Tomolo, saat dikonfirmasi via seluler mengatakan, benar pihak PT PSU melakukan kerjasama dengan pihak Koptan Rukun Sari Sei Suka.

"Benar kita melakukan kerjasama dengan pihak Koptan Rukun Sari, dan mereka langsung datang kantor pusat di Medan. Sekarang lagi proses pengerjaan pengorekan drainase dan pembuatan tulang ikan yang lokasinya rendah," ujar Bukhori.

Manager juga mengatakan pihak PSU terima siap tanam, dan petani menanami lokasi replanting dengan tanaman ubi dan jagung.

"Ini kerjasama saling menguntungkan, pihak PT PSU Tanjung Kasau tidak lagi mengeluarkan biaya replanting, petani bisa mengolah tanahnya dengan menanam ubi dan jagung," ungkap Bukhori.

Manager PT PSU juga menilai kerjasama dengan Koptan Rukun Sari sejauh ini sangat baik.

"Sejauh ini kerjasama yang dilakukan dengan Kopta Rukun Sari Sei Suka masih baik. Tidak menutup kemungkinan kedepan kerjasama replanting ini bisa berkelanjutan" tutup Bukhori Tomolo. (Plk)
Komentar Anda

Berita Terkini