Rektor Termuda di Indonesia Putra Daerah Kota Medan

/ Jumat, 04 November 2022 / 06.50
TOPINFORMASI.COM
Dr. Dicky Nofriansyah, S.Kom,.M.Kom seorang Anak Muda Visioner, Akademisi dan Praktisi dengan Segudang Prestasi Akademik maupun Non-Akademik yang masih berusia 33 tahun Pemuda Asli Medan Sumatera Utara yang menjadi sala satu Ketua Sekolah Tinggi (Rektor di Universitas) Termuda di indonesia. Beliau adalah “Sang Mutiara dari Utara pulau Sumatra”.

Ia merupakan lulusan S3- Universitas Negeri Padang melalui Jalur Beasiswa Kemendikbud BPPDN-2015 dan Lulusan S1- STMIK Budidarma Prodi Sistem Informasi dan S2 – Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Magister Ilmu Komputer lahir di Medan pada 31 Oktober 1989.

Sebelum dilantik menjadi Ketua STMIK Triguna Darma  pada 22 Juni 2022 yang lalu, Dr.Dicky telah bekerja kurang lebih hampir 10 tahun di kampus yang dipimpinnya tersebut, dan beliau pernah menjabat menjabat sebagai Ketua Program Studi S1-Sistem Komputer di tahun 2013-2015. Selain itu, dia juga pernah pernah menjabat  Direktur Utama di PT. Bungkus Teknologi Indonesia dari tahun 2018 hingga saat ini.

Proses Pelantikan beliau sebagai Ketua Sekolah Tinggi tersebut adalah penunjukan oleh yayasan. Baginya, menjadi Ketua Sekolah Tinggi adalah tantangan tersendiri. Karena diusianya yang masih sangat muda, banyak kalangan yang meragukan kemampuannya untuk memimpin Kampus STMIK Triguna Darma. Namun, dengan Visi dan Misi yang jelas saat ini STMIK Triguna Dharma sedang mengalami kemajuan. 

Selain harus dapat memimpin, komunikasi dan menyamakan tujuan para Dosen dan Tenaga Kependidikan yang lebih Senior, yang usianya jauh lebih tua dari dirinya, adalah tantangan tersendiri baginya untuk menciptakan perubahan baru di kampus STMIK Triguna Darma.

Untuk itu, ia bertekad untuk melakukan Inovasi dan program-program baru di kampus yang dipimpinnya agar dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain, di indonesia dengan berbagai Program yang terangkum dalam Tagline: TGD Bersih, TGD Nyaman, TGD Kompeten, TGD Sejahtera, TGD Unggul. Untuk mewujudkan itu semua, Dr Dicky terus berbenah dari aspek Tata Kelola Organisasi dan Manajemen, Tata Kelola Sarana Dan Prasana, Tata Kelola Teknologi, dan Tata Kelola di Bidang Akademik. 

Dengan semangat yang tak pantang menyerah beliau berharap dibawah kepemimpinannya dapat menjadikan mahasiswanya menjadi generasi yang Professional, Active dan Innovatif serta memiliki Kompetensi di Bidang IT seperti Programming, Robotics, Konten Kreator serta memiliki Softskill yang baik seperti komunikasi, leadhership dan lain-lain. .

Beberapa inovasi kedepannya yang dilakukannya, membangun sarana fasilitas untuk kegiatan kretifitas mahasiswa dan menjadikan kampus ruang ternyaman kepada mahasiswa guna meningkatkan minat, bakat hobby mahasiswanya seperti perbaikan fasilitas perpustakaan yang Cozy atau Nyaman dilengkapi dengan Lesehan yang dilapisi dengan rumput sintetis ditambah adanya bean-bag untuk bersantai. Selain itu juga, beliau sebagai generasi muda milenial membangun spot foto dan education park nantinya di area kampus sehingga menambah kenyamanan bagi warga kampus. 

Hal tersebut tentunya dapat menjadikan STMIK Triguna Dharma menjadi rumah kedua bagi warga kampus. Tidak hanya itu saja, saat ini STMIK Triguna Dharma dibawah kepemimpinan beliau sedang mengembangkan Platform My Triguna Dharma.

Platform tersebut merupakan Platform Digital yang mengelola Akademik, Administrasi, Keuangan, serta juga Ekonomi warga kampus seperti adanya Marketplace Kampus yang berisi tentang produk-produk yang dihasilkan Dosen, Mahasiswa, maupun Pegawai STMIK Triguna Dharma. Dengan adanya platform tersebut nantinya akan menjadi cikal bakal sebuah Ecosystem digital berbasis Kampus yang dapat menyejahterakan warga kampusnya dan menjadi Inkubator Bisnis baru bagi kampus sebagai Kampus yang menuju Kampus Unggul.
Untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa Dr.Dicky mengajak semua mahasiswa untuk berani mengambil kesempatan seperti mengikuti kegiatan kemahasiswaan dan turut andil dalam menyebarkan informasi positif melalui Social Media mahasiswa. 

Kehebatan beliau di dalam mengendalikan organisasi ini, setiap Kebijakan yang dilakukan dengan cara Penetapan yang dilakukan Diskusi,Sosialisasi,Eksekusi dan Evaluasi. 

Selain itu nantinya STMIK Triguna Dharma akan menggandeng partner-partner dibidang Digital misalnya Entertainment, Starp Up, Perbankan, Lembaga Sertifikasi Kompetensi Nasional maupun Internasional, Perusahaan Telekomunikasi, dan lain-lain untuk dapat Berkolaborasi dan Bersinergi untuk membangun Kelas Industri. Dengan terobosan-terobosan beliau di Dunia Pendidikan ini kelak akan menjadikan STMIK Triguna Dharma sebagai “The Best of College in Sumatra di Tahun 2025” dengan ciri khas “Kampusnya Para Programmer dan Kampusnya Para Konten Kreator”.

Diakhir diskusi beliau menyampaikan. “Jadilah Agen Perubahan Positif bagi Lingkungan Sekitar. Dan Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain”. Jadi menurut beliau pesan-pesan untuk kaum muda atau kaum zilenial, Jangan Takut untuk mengambil tanggung jawab dan Bermimpi. Bermimpilan setinggi langit karena kelak kita akan jatuh di antara bintang-bintang. Ketika punya Ide maka Lakukan. Hasil terbaik akan mengikuti, ungkap Dr.Dicky
Komentar Anda

Berita Terkini