Ratusan Rumah Di Batubara Terendam Banjir

/ Minggu, 06 November 2022 / 10.59

Batubara. Topinformasi.com
Intensitas hujan yang cukup tingg di penghujung tahun 2022, ratusan rumah di Kabupaten Batubara sejak Sabtu 5/11/2022 terendam banjir. Minggu 6/11/2022.

Banjir menggenangi halaman hingga merendam rumah warga diempat (4) Kecamatan. Dari data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batubara tercatat, Desa Gambus Laut kecamatan Lima Puluh Pesisir, Desa Sei Buah Keras Kecamatan Medang Deras, Desa Perkebunan Sei Balai Kecamatan Sei Balai, Desa Tanjung Mulia Kecamatan Nibung Hangus. 

Menurut Plt Kepala BPBD Kabupaten Batubara, Akhmadan Khoir mengatakan, data sementara lebih kurang ada 486 rumah warga yang terdampak banjir. 
Data sementara, Desa Gambus Laut Kecamatan Lima Puluh Pesisir 25 KK, Desa Sei Buah Keras Kecamatan Medang Deras 13 KK, Desa Perkebunan Sei Balai Kecamatan Sai Balai 318 KK, dan
Desa Tanjung Mulia Kecamatan Nibung Hangus 130 KK.
 
Plt BPBD kabupaten Batubara Akhmadan Khoir juga menjelaskan, banjir kali ini bukan banjir kiriman, melainkan akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Batubara sejak Rabu 2/11/2022 sampai Sabtu 5 /11/2022. Sampai hari ini Minggu 6/11/2022 ketinggian air rata-rata 20 - 50 cm.

"Sebelumnya kita melakukan pendataan terhadap rumah warga yg terdampak banjir dan berkoordinasi dengan Pihak Kecamatan dan Desa serta warga masyarakat setempat.

Selain mendirikan tenda di Desa Gambus Laut dan Desa Tanjung Mulia, BPBD Kabupaten Batubara juga telah memberikan karung (goni) di Desa Perkebunan Sai Balai untuk membuat benteng sementara, "pungkas Khoir.

Informasi yang diterima media Topinformasi.com, kondisi saat ini air masih menggenangi rumah warga Desa Tanjung Mulia dan Desa Gambus Laut, sedangkan di Desa Sai Buah Keras dan Desa Perkebunan Sai Balai air mulai "menyusut. (dr)
Komentar Anda

Berita Terkini