DORONG PEMBINAAN KEPADA ANAK BINAANNYA, LPKA PALU IKUTI BIMTEK TICKET TO LIFE KEPRAMUKAAN NASIONAL

/ Rabu, 09 November 2022 / 16.46
TOPINFORMASI.COM pembinaan kepramukaan bagi Anak Binaannya, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Ticket To Life Gerakan Kepramukaan Nasional Regional III dan IV, di Kantor Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Pineleng, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.
Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 08 S.d 12 November 2022 dan diselenggarakan langsung oleh Kwartir Nasional Pramuka serta Kwartir Daerah Pramuka Sulawesi Utara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan peran serta Pembina Pramuka di Gudep dalam kegiatan pembinaan kepada anak-anak yang sedang bermasalah dengan hukum melalui Program Ticket To Life.
LPKA Palu sendiri diwakili langsung oleh Ketua Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka Pangkalan LPKA Palu, Kakak Muh.Fauzi, yang juga merupakan Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan di LPKA Palu, serta didampingi oleh Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Palu, Kakak Imran, dan dua orang pembina Gudep LPKA Palu, Taufiq Hidayah serta Rizki Fandu Dwiki yang diketahui merupakan staf pembinaan LPKA Palu.
“Sejak dibentuknya Gudep Pramuka di LPKA Palu, kami terus berupaya untuk mengoptimalkan segala pembinaan dengan baik. Seperti halnya kegiatan ini, kami sangat bersyukur untuk diberi kesempatan untuk meraih segala ilmu tentang pramuka, yang tentunya sangat berperan baik dalam mengembangkan sikap dan perilaku bagi anak-anak yang berada di LPKA Palu,” jelas Kakak Fauzi.
Menjadi tuan rumah dalam kegiatan Nasional tersebut, Gubernur Sulawesi Utara yang saat itu diwakili oleh Asisten I yakni Dr. Denny Mangala, M.si, mengungkapkan kesyukurannya atas terpilihnya Provinsi Sulawesi Utara sebagai tuan rumah, dirinya berharap agar kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
"Pemilihan tempat di Sulawesi Utara sebagai tempat pelaksanaan Bimtek bukan berarti tanpa alasan. Kota ini merupakan daerah yang memiliki kerukunan yang harmonis, toleransi yang tinggi. semoga dari pelaksanaan bimtek ini dapat berjalan lancar susai target yang diharapkan yaitu memanusiakan manusia,” ungkapnya.
Selain itu, membuka secara resmi kegiatan tersebut, Kakak Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi selaku Wakil Ketu Komisi Pengabdian Masyarakat, yang mewakili Ketua Kwarnas, mengharapkan agar seluruh Pembina Pramuka yang hadir saat itu dapat mengimpelemntasikan segala ilmu yang didapat untuk dilaksanakan pada setiap daerah masing-masing.
"Semoga dalam Bimtek ini bisa menghasilkan pembina yang akan melaksanakan program TTL dan bisa membuat rencana tindak lanjut untuk dilaksanakan pada daerahnya masing-masing,” harapnya membuka kegiatan. Selasa, (8/11).
Seusai dibuka secara resmi, kegiatan Bimtek pun berlanjut pada pembekalan berbagai materi yang dipimpin langsung oleh para Kakak-kakak Pembina Pramuka pada Kwarnas Pramuka. Tidak lupa, dalam kegiatan tersebut, perwakilan Gudep LPKA Palu pun menerangkan berbagai program dan pencapaian dari Gudep LPKA Palu.
“Momentum ini akan kita manfaatkan dengan baik, ini pun akan menjadi cikal bakal dari pembinaan kepramukaan untuk anak-anak kami di LPKA Palu,” ungkap Kakak Fauzi.
Program Ticket To Life sendiri merupakan program unggulan Gerakan Pramuka yang tujuan pembentukannya sendiri adalah untuk mengatasi permasalahan sosial masyarakat, baik Bencana, Kerusakan Lingkungan, Terorisme, Radikalisme, Wabah Penyakit, Kemiskinan, dan faktor sosial lainnya yang merupakan salah satu sumber yang menyebabkan munculknya anak yang bermasalah, baik secara psikologis, ekonomi, sosial maupun hukum. (asr).
Komentar Anda

Berita Terkini