Jajaki KAD Soal Tangani Inflasi, Dirut PUD Pasar Dampingi Asisten Ekbang Kunjungi Poktan di Deliserdang

/ Sabtu, 03 September 2022 / 18.25
Medan,Topinformasi.com
Dalam rangka mengantisipasi dan penanganan inflasi harga kebutuhan bahan pokok, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno mengadakan kunjungan ke kelompok tani (poktan) yang menjadi sentra menghasilkan cabai di Jalan Pantai Labu, Dusun Jogja, Desa Sidodadi Ramunia, Kec Beringin, Deliserdang, Sabtu (3/9/2022). 

Dirut datang bersama Asisten Ekbang Mansursyah, Kadis Perdagangan Damikrot, Kadis Ketahanan Pangan Emilia Lubis, Kabag Ekonomi Regen dan Kabag Kerja Sama Pemko Medan. Kedatangan rombongan Pemko Medan ini diterima oleh Ketua Poktan Juli Tani Yareli, Kepala Dinas Pertanian Deli Serdang Rahman Saleh Dongoran, SP, M.Si, Kabid Penyuluhan Marakayo Lubis, SP, Kabid Hortikultura Latifah Hanum Rambe, SP, M.AP,  KUPTD Wilayah IV Sutriono, SP, dan Koordinator Penyuluh Pertanian BPP Beringin Sukran, SP.

Asisten Ekbang menjelaskan kedatangan ini merupakan tindak lanjut dari rapat yang digelar di Pemko Medan, Rabu kemarin. Rapat mengenai kerja sama antar-daerah (KAD) Pemko Medan dengan Pemkab Deliserdang sebagai upaya menstabilkan harga pangan, terkhusus cabai.

Nantinya, kata Ekbang, setelah adanya nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antar-daerah, barulah kerja sama dilakukan antara PUD Pasar Medan dengan poktan. 

Sementara itu, Kadis Pertanian Pemkab Deliserdang Rahman Saleh Dongoran menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan para instansi terkait di Pemko Medan. Dijelaskannya, selain di Kecamatan Beringin, Deliserdang memiliki sentra penghasil cabai di Kecamatan STM Hulu, dan Sibolangit. 

Di tempat yang sama, Ketua Poktan Juli Tani Yareli menjelaskan kelompoknya memiliki lahan cabai seluas 40 hektar. Dari luas tersebut, dapat menghasilkan kurang lebih 800 ton sekali panen. Untuk masa tanam hingga ke panen mencapai 3 bulan.

Dirut PUD Pasar Medan Suwarno menambahkan pihaknya siap dalam menjaga ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga kebutuhan pokok di pasar. 
Komentar Anda

Berita Terkini