Abdullah Azwar Anas Resmi dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau MenPAB-RB

/ Rabu, 07 September 2022 / 17.03
TOPINFORMASI.COM,Abdullah Azwar Anas, telah resmi dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau MenPAB-RB menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo. Dalam mengemban jabatan barunya ini, tentu Azwar telah diberikan sejumlah tugas oleh Presiden Jokowi.

Salah satu target yang ingin dicapai Anas adalah ingin menerapkan digitalisasi pada birokrasi di Indonesia. Sebab menurut Anas, saat ini perkembangan era digital sudah tak dapat lagi dibendung.

"Nah saya kira kedepan tidak bisa dipungkiri birokrasi ini harus the next level yaitu digitalisasi. Digitalisasi apa saja? digitalisasi struktur, culture dan juga kompetensi," kata Anas, kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 7 September 2022



Menurut Azwar, digitalisasi pada 3 sektor tersebut, adalah hal yang sangat mendasar. Dia mengatakan, digitalisasi 3 sektor itu akan semakin dipermudah dengan adanya sistem pemerintah berbasis elektronik atau SPBE.

"Nah digitalisasi di 3 sektor ini tentu akan sangat mendasar dan ini sesuai dengan arahan bapak Presiden. Apalagi sudah ada SPBE sistem pemerintah berbasis elektronik dan kalau ini bisa dikoneksikan, tentu hasilnya insya allah akan maksimal," kata Azwar.

Sebagai Menteri PAN-RB, Azwar Anas mengatakan akan terus mendukung apa yang telah menjadi visi-misi Presiden Jokowi. Azwar mengatakan, dirinya akan melaksanakan apa yang telah menjadi arahan Presiden Jokowi.

"Ya tentu kami harus bicarakan dan mendukung visi-misi bapak Presiden terutama untuk menyelesaikan program-program prioritas beliau, termasuk misalnya target birokasi bagaimana birokrasi terlibat secara sungguh-sungguh dalam penanganan kemiskinan, stunting dan seterusnya ini kalau diharapkan bisa selesai," ujar Azwar.


Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau MenPAN-RB menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo. Pelantikan ini, dilaksanakan di Istana Negara pada Rabu siang 7 September 2022.

Pelantikan Azwar Anas sebagai MenPAN-RB ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 91B Tahun 2022 tentang pengangkatan Menteri Pendayaguaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024.
Komentar Anda

Berita Terkini