Masuk Tiga Besar Hasil Survei, PKB: Alhamdulillah, Masih Ada Waktu Masuk Dua Besar | TOPINFORMASI.COM

Masuk Tiga Besar Hasil Survei, PKB: Alhamdulillah, Masih Ada Waktu Masuk Dua Besar

/ Jumat, 13 Agustus 2021 / 12.18

 


TOPINFORMASI.COM

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masuk dalam tiga besar partai politik (parpol) dengan elektabilitas tertinggi pada Pemilu 2024 berdasarkan hasil survei terbaru lembaga survei Charta Politica Indonesia. 


PKB yang memiliki tingkat elektabilitas 9,4%, hanya berada di bawah PDI Perjuangan yangh diprediksi masih bertengger di urutan teratas dengan tingkat belektabilitas sebesar 22,8%, dan Partai Gerindra 17,5%. 


Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan bahwa hasil survei tersebut menunjukkan bahwa PKB masih mendapatkan kepercayaan yang cukup tinggi dari masyarakat. Kendati begitu, politikus yang akrab disapa Gus Jazil ini mengaku tidak terlalu kaget bahwa PKB berada di posisi tiga besar. Sebab, sejumlah hasil survei lain sebelumnya juga menempatkan PKB di posisi tiga bahkan dua besar. 


”Doa dan harapan kita tentu bagaimana bisa menjadi pemenang pemilu atau paling tidak bisa menggeser Gerindra di dua besar. Saya rasa masih ada waktu untuk mengejar menjadi dua besar,” tutur Gus Jazil, Jumat (13/8/2021). 


Dikatakan Wakil Ketua MPR RI ini, partainya memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Sebab, secara struktur partai, saat ini PKB memiliki tingkat struktur hingga basis RW bahkan RT. Selain itu, berbagai persiapan teknis juga terus dilakukan. Salah satunya yang saat ini sedang dipersiapkan adalah melakukan proses pencalegan dini. 


”PKB mengajak kader-kader terbaik bangsa di seluruh Tanah Air untuk berjuang melalui PKB. Kami membuka pintu selebar-lebarnya. Kalau pada Pemilu 2019 PKB empat besar dan sekarang hasil survei tiga besar, artinya PKB punya peluang besar untuk terus meningkatkan perolehan suara. Ini menunjukkan ada kepercayaan publik atas kinerja PKB selama ini. Sebab, tidak munkin elektabilitas meningkat kalau kita tidak menunjukkan kinerja yang baik,” tuturnya. 


Pada Pemilu 2019 lalu, PDIP dan Gerindra juga berada di urutan teratas perolehan suara nasional. Saat itu, PDIP meraih 19,33% suara sementara Gerindra 12,57% suara. Di posisi tiga ditempati Partai Golkar yang memperoleh suara 12,31% dan PKB di posisi empat dengan meraih suara sebanyak 9,69%. 


Diketahui, Charta Politica Indonesia merilis hasil survei terbarunya pada Kamis (12/8/2021). ”PDIP masih memimpin 22,8 persen, tidak jauh beda survei-survei sebelumnya dan hasil Pemilu kemarin. Gerindra kedua dengan 17,5 persen, PKB ketiga 9,4 persen,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya ketika rilis survei secara daring. 


Survei ini digelar pada 12-20 Juli 2021 dengan metode wawancara tatap muka dengan menggunakan multistage random sampling dan melibatkan sebanyak 1.200 responden. Sementara margin of error sebesar 2,83%. (Red)

Komentar Anda

Berita Terkini