Puluhan Rumah Hancur Diterjang Angin Puting Beliung Kerugian Ratusan Juta

/ Sabtu, 24 Juli 2021 / 07.23

 


TOPINFORMASI.COM

Batu Bara - Sedikitnya 50 unit rumah Porak Poranda akibat terjangan angin puting Beliung di kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Jumat 23 Juli 2021 sekira pukul 15.30 Wib Sore. 


Menurut informasi yang di himpun angin kencang disertai hujan  deras penyebab terjadinya musibah tersebut. 


Plt Kepala Dinas (Kadis) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara, Syakban membenarkan puluhan rumah warga porak - poranda diterjang angin puting beliung di Kecamatan Sei Balai dan Datuk Tanah Datar.



Disebut Syakban, ketika mendengar informasi ada korban angin puting beliung, saya dan anggota langsung turun kelokasi, dan berkoordinasi dengan kepala desa setempat, untuk mendata jumlah rumah yang menjadi korban angin puting beliung, sebutnya.


"Alhamdulillah kejadian ini tidak ada korban jiwa, jumlah kerugian materil masih dalam penghitungan, diperkirakan mencapai ratusan juta lebih," jelas Kadis BPBD Batu Bara.



Dari laporan situasi terkini yang di himpun BPBD tanggal 23 Juli 2021 sekira pukul 19.30 malam  diterangkan, angin puting beliung memporak porandakan sebanyak 50 unit rumah yang tersebar dibeberapa desa di Kecamatan Sei Balai, terang Kadis.



Data terakhir yang masuk dari BPBD, 6 Desa yang terkena musibah yakni sebagai berikut :


- Desa Perkebunan Sei Bejangkar 20  Unit rumah

- DesaBenteng Jaya 19  Unit rumah.                 

- Desa Durian 4 unit rumah

- Desa Bangun Sari 5 unit rumah

- Desa Tanah Timbul 1 unit rumah

- Desa Sei Balai 1 unit rumah. 


Dari bencana tersebut saat ini team BPBD Kabupaten Batu Bara melakukan pengecekan dan evakuasi bahan material langsung ke lapangan bersama dinas Perkim untuk menginventarisir dampak serta kerusakan sarana prasarana yang di akibatkan angin puting beliung. 


Serta melakukan himbau agar tetap waspada, kepada warga sekitar sampai berita ini diterbitkan dimintakan kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara untuk segera membantu menyediakan material guna kebutuhan perbaikan dan kebutuhan lainnya. 


Untuk sementara korban angin puting beliung menumpang di rumah keluarga dan tetangga, dan malam ini juga BPBD akan mendirikan tenda pengungsi sementara, pungkas Kadis BPBD Batu Bara.(Plk)

Komentar Anda

Berita Terkini