Di Masa Pandemi Covid-19 Pemkab Batubara Hambur-Hamburkan Uang Negara Di Parapat

/ Kamis, 25 Februari 2021 / 11.38


Batubara. Topinformasi.com

Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 serta pemberdayaan perekonomian daerah, Pemkab Batubara dinilai kontradiktif dengan tingginya intensitas kegiatan di luar daerah.


Meski pemerintah pusat (RI) telah mengeluarkan aturan tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun Pemkab Batubara melalui Dinas Sosial Kabupaten Batubara menggelar kegiatan di Hotel Niagara Parapat Simalungun dari 23 hingga 25 Februari 2021.


Sementara saat ini di Kabupaten Batubara telah berdiri 3 hotel berkelas lengkap dengan aula dan ruang penginapan yang memenuhi standar, namun sepertinya Pemkab Batubara mau memanfaatkannya untuk melaksanakan kegiatan pertemuan atau rapat.


Kebijakan kontradiktif yang ditempuh Pemkab Batubara ini mendapat sorotan dari berbagai aktivis dan pemerhati kebijakan yang ada di Kabupaten Batubara.


Sultan Aminuddin aktivis asal Tanjung Tiram, Kamis (25/2/2021) menyesalkan kebijakan Pemkab Batubara yang dinilai tidak mendukung peningkatan perekonomian daerah.


"Bukan karena ada hubungan dengan 3 pengelola hotel dan aula di Kabupaten Batu Bara. Namun kita sayangkan tidak dimanfaatkan Pemkab Batubara yang malah bikin kegiatan di Hotel Niagara di Parapat", ketusnya.



Demikian pula terkait pemberlakuan PPKM sebagai ekses pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, Sultan menilai keberangkatan pendamping PKH dan para pejabat Pemkab Batubara ke Parapat berpotensi terimbas Covid-19.


Senada disampaikan, oleh aktivis lain yang ada di kabupaten Batubara, Darmansyah mengatakan, demi mencegah penyebaran Covid-19, minta agar seluruh peserta dan pejabat yang hadir pada kegiatan tersebut menjalani isolasi setiba di Kabupaten Batubara.


"Selain Itu, kegiatan yang dilakukan juga berpotensi pemborosan anggaran, karena di Kabupaten Batubara sendiri banyak tempat yang bisa untuk menyelenggarakan kegiatan", sebut Darmansyah.


Ketua DPP LEMPAR ( Lembaga Pemantau Aparatur Negara), Zainuddin, sangat menyesalkan kebijakan mayoritas  jajaran Pemkab Batubara dan Legislatif Batubara yang lebih suka berjalan-jalan ke luar daerah.


"Percuma Bupati Zahir koar koar minta masyarakat membatasi kegiatan ke luar daerah semasa pandemi Covid-19 sementara mereka sendiri yang melanggar", ujar Zainuddin.


Senada dengan Darmansyah, aktivis ini juga minta agar seluruh peserta dan pejabat yang hadir pada kegiatan di Parapat segera diisolasi setiba di Kabupaten Batubara.


Sekedar diketahui, Bupati Batubara H Zahir didampingi Kadis Sosial Ishak,  Kadis Kesehatan drg. Wahid Khusairy, Kadis PMD Radiansyah F Lubis dan Ketua TBUPP turut menghadiri kegiatan tersebut.


Pada kegiatan pemantapan Sumber Daya Manusia (SDM) Pendamping PKH Kabupaten Batu Bara tahun 2021 di Hotel Niagara Parapat, Rabu (24/2/2021) juga hadir Kadis Perhubungan Jonnis Marpaung dan Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus, keduanya saat ditelepon mengaku sedang berada di Hotel Niagara Parapat". (dr)

Komentar Anda

Berita Terkini