Alhamdulillah ! Gubsu Resmi Lantik H.M Syahrial Dan Waris Menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai

/ Jumat, 26 Februari 2021 / 17.44

 


 

Tanjung Balai - topinformasi.com

H.M Syahrial dan Waris resmi dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai untuk periode 2021-2024. Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu, Medan pada Jumat (26/2/2021) mulai pukul 09.05 WIB dan disiarkan langsung melalui channel YouTube Info Sumut.


Pelantikan ini diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya. Selanjutnya Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi atas nama Presiden Republik Indonesia secara resmi melantik H.M Syahrial SH, MH menjadi Wali Kota Tanjungbalai dan H. Waris S.Ag,MM menjadi Wakil Wali Kota Tanjungbalai masa jabatan 2021-2024 sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Di Kabupaten dan Kota Pada Provinsi Sumatera Utara. Pelantikan tersebut ditandai dengan pembacaan naskah pelantikan dan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pelantikan sekaligus pemasangan tanda jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati. 


Acara selanjutnya pengambilan sumpah jabatan dipimpin oleh Gubsu Edy Rahmayadi.


"Akan memenuhi kewajiban saya dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 dan selanjutnya menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata Gubsu Edy saat memimpin sumpah jabatan.


Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya meminta agar kepala daerah yang dilantik dapat menjalankan pemerintahan dengan baik. Dia mengingatkan tata kelola pemerintahan akan berjalan dengan rumit. Dia juga mengingatkan agar kepala daerah berjalan untuk mensejahterakan rakyat.


"Saya dan rekan-rekan saudara sekalian terjun langsung dalam mengelola tata kelola pemerintahan yang begitu rumit," Ujar Gubsu Edy Rahmayadi.


"Politik adalah jalan untuk membangun kesejahteraan rakyat," imbuhnya.


Gubsu juga mengingatkan agar visi kepala daerah harus sesuai dengan visi pimpinan di atasnya. Dia mencontohkan dirinya dengan Presiden Jokowi.


"Contoh, Gubernur Sumatera Utara, saya punya Presiden, visi saya tak boleh keluar dari visi Presiden," ucapnya.


Hal itu disampaikan Gubsu agar kepala daerah yang baru dia lantik mengikuti visi dirinya sebagai Gubernur. Menurut Gubsu, setiap kepala daerah harus loyal kepada pimpinan diatasnya.


“Pelantikan pada hari ini merupakan momentum untuk melaksanakan amanah rakyat dalam rangka membangun daerah demi kesejahteraan rakyat, berjuanglah demi kepentingan rakyat dan bekerjalah secara jujur,” tegas Edy Rahmayadi selaku Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya. Lebih lanjut dirinya menyampaikan kepada seluruh Kepala Daerah yang baru dilantik agar sekembalinya ke daerah untuk segera lakukan konsolidasi dan koordinasi dalam merealisasikan visi dan misi yang diusung selama kampanye pilkada yang lalu.


“Kepada Kepala Daerah yang baru dilantik agar segera merealisasikan program-program yang yang diusung dan implementasinya harus sejalan dengan program-program dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat,” pungkas Gubsu.


Selain Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai, ada 5 pasangan kepala daerah lain yang ikut dilantik pada sesi pertama pagi ini. Kepala daerah yang ikut dilantik Gubsu Edy pagi ini yaitu :


1. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan : Bobby Nasution dan Aulia Rachman


2. Wakil Wali Kota Binjai : Amir Hamzah (wali kota terpilih, Juliadi, meninggal dunia)


3. Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai : Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan


4. Bupati dan Wakil Bupati Asahan : Surya dan Taufik Zainal Abidin


5. Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan : Dosmar Banjarnahor dan Oloan P. Nababan


Wali Kota H.M Syahrial hadir didampingi oleh istri, Hj. Sri Silvisa Novita begitu juga Wakil Wali Kota didampingi istri Fatiah Haitami. (put)

Komentar Anda

Berita Terkini