Minimalisir Aksi Kriminal Di Perairan Sat Polair Polres Tanjung Balai Patroli 1 X 2 Jam.

/ Sabtu, 30 Januari 2021 / 12.30


Tanjung Balai - topinformasi.com


Polres Tanjung Balai melalui Sat Polair melaksanakan patroli air di wilayah hukum Polres Tanjung Balai selama 1 X 12 Jam Jum'at (29/1/2021), pukul 08.00 Wib s/d 20.00 WIB.


Giat patroli ini dilaksanakan dengan menggunakan kapal KP. II - 1014i Patroli air yang  Diawaki Team Regu II Bripka Khoiruddin dan Bripka SY Napitupulu.


"Kapolres Tanjung Balai AKBP AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K., M.H. menjelaskan, pelaksanaan tugas patroli air ini dilakukan setiap hari guna untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal yang  diduga mengangkut Tenaga Kerja Ilegal dan kapal yang membawa barang ilegal atau barang yang dilarang keluar atau masuk melalui perairan Tanjung Balai," ujarnya.


Dalam pelaksanaan nya , pada saat  jam 13.05 WIB  KP. II -1014   di Awaki Bripka  Khoiruddin dan  Bripka SY Napitupulu melakukan pengejaran terhadap satu unit kapal yang datang dari arah laut yang posisi koordinatnya sekitar 

N  2º59' 14388" E  99º 51' 37. 9692" dapat diberhentikan oleh petugas.


Lanjut, sebelum pemeriksaan petugas melakukan cek suhu tubuh kepada awak kapal menggunakan alat termo scan.


 Adapun nama kapal tersebut adalah KLM. YULIAN JAYA GT 52 NO 292/PPL yang dinakhodai oleh SYAWALUDDIN datang dari arah laut tujuan tanjung balai


Pada saat pemeriksaan kapal tersebut memiliki  Dokumen kapal Lengkap, membawa muatan kapal berupa karung goni berisi abu ikan, dan tidak ditemukan barang - barang yg ilegal atau yang melanggar hukum jumlah  Abk atau penumpang sebanyak  7 orang.


Usai melaksanakan pemeriksaan, Personil Patroli KP II- 1014 Sat Polair Polres Tanjung Balai yang di awaki Bripka Khoiruddin dan Bripka SY Napitupulu melaksanakan public speaking tentang adabtasi kebiasaan baru tentang pencegahan penularan virus Corona kepada masyarakat awak kapal nelayan kota tanjung balai.


Untuk tetap mentaati himbauan Pemerintah tentang Protokoler Kesehatan seperti memakai masker yang benar, menjaga Jarak 1,5 meter dari orang lain, rajin mencuci tangan menggunakan Sabun dengan air bersih yang mengalir, hindari kerumunan, dan menerapkan pola makanan sehat dan istirahat yang teratur. 


Petugas juga menghimbau apabila berlayar agar terlebih dahulu periksa mesin, melengkapi dan membawa dokumen kapal, dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti jaket pelampung, Ring boy, APAR dan Kotak P3K. 


dalam memelihara situasi Kamtibmas mitar polri juga dapat membantu petugas Satpolair untuk memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau kejahatan seperti tenaga kerja Ilegal yang masuk dengan cara menumpang di kapal, barang-barang illegal seperti Ballpress dan  narkoba. (put)

Komentar Anda

Berita Terkini