Bermuatan Melebihi Kapasitas Jalan, Dum Truk Lindas Balita Hingga Tewas. | TOPINFORMASI.COM

Bermuatan Melebihi Kapasitas Jalan, Dum Truk Lindas Balita Hingga Tewas.

/ Senin, 21 Desember 2020 / 11.24



Batubara. Topinformasi.com

Kecelakaan lalu lintas Minggu 20/12/2020 dijalan desa Sumber Rejo antara Sepeda Motor Honda Vario BK 6302 OAD Kontra Dum Truck BK 9892 DC bermuatan material pembangunan peningkatan ruas jalan Desa Sumber Padi menuju Desa Empat Negeri Kecamatan Datok Lima Puluh Kabupaten Batubara.

Diduga kecelakaan tersebut dampak dari kelalaian Pemkab Batubara (Dinas Perhubungan  / Dinas PUPR) dan pihak rekanan tidak melakukan standar K3 (kesehatan keselamatan kerja) atau penertiban jalan pada masa pembangunan sedang berjalan.


Kasat Lantas Polres Batu Bara AKP Eridal Fitra, Minggu (20/12/2020)  membenarkan peristiwa yang menyebabkan seorang anak berusia 5 tahun tewas mengenaskan dengan kepala pecah terlindas Roda dum truk.


Dikatakan Kasat Lantas, peristiwa laka lantas  yang menimpa tiga warga Dusun I Desa Guntung Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara tersebut terjadi di Jalan Umum Sumber Padi - Empat Negeri tepatnya di Dusun V Pulau Rejo Desa Sumber Rejo Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batubara.


Akibat laka lantas tersebut, Reza (5)  tewas ditempat dengan luka dan remuk pada bagian kepala.  Selanjutnya dibawa ke Puskesmas Lima Puluh.

Sedangkan Usman (59) pengendara sepeda motor yang merupakan kakek korban Reza, mengalami luka berat, luka koyak dan patah dan lecet pada bagian kaki sebelah kanan dan dirawat di RSUD  Batu Bara. Sementara Rohani istri Usman tidak mengalami luka-luka.

Dilain pihak,  Siswo Harsoyo (45) warga Jalan Asahan Km 18.5 Kecamatan Gunung Malela Kabupaten  Simalungun, pengemudi Dum Truck Tronton  BK 9892 DC telah diamankan di Sat Lantas Polres Batu Bara.

Disebutkan  AKP Eridal Fitra, Sepeda Motor Honda Vario BK 6302 OAD datang dari arah Empat Negeri menuju Desa Sumber Padi sedangkan Dum Truk Tronton BK 9892 DC datang dari arah berlawanan.

Pada saat berselisihan, pengendara dan Sepeda Motor terjatuh di samping truk. Pengendara dan dua penumpang terlempar kearah roda belakang sebelah kanan.

Akibatnya Dum Truck tronton  melindas bagian kepala penumpang Reza serta menabrak bagian paha kaki kanan Usman,  pengendara sepeda motor.

Informasi di lapangan menyebutkan, Reza korban tewas yang merupakan cucu Usman dan Rohani terlindas truk yang baru selesai mengangkut material pembangunan jalan.

Saat berselisih dengan sepeda motor yang dikendarai Usman dan membonceng istrinya Rohani serta cucunya Reza,  sepeda motor terpeleset. 

Tidak dapat mengendalikan sepeda motornya, dikarenakan jalan sempit Usman terjatuh dan cucunya terlindas ban truk dibahagian kepala.

Menanggapi laka lantas yang menyebabkan hilangnya nyawa orang, beberapa warga bergumam  menyesalkan supir truk yang tidak berhati-hati melalui jalan desa yang sempit. Warga tersebut juga mempertanyakan pengamanan terhadap pengguna jalan.

"Dalam pelaksanaan proyek apa tidak ada tingkat pengamanannya, atau apa tidak ada jalan alternatif pengganti jalan sementara saat pelaksanaan pekerjaan masih belum selesai. Biasanya standart SOP pasti ada", gumam warga yang tidak mau menyebutkan identitasnya. (dr)

Komentar Anda

Berita Terkini