KPU Labuhanbatu Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada 2020

/ Selasa, 24 November 2020 / 11.01

 



Top Informasi -  Labuhanbatu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Labuhanbatu tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Ikabina Rantauprapat. Senin, 23/11/2020



Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi, S.Sos mengatakan bahwa kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pada Pilkada serentak 2020 yang dilaksanakan ini dalam upaya untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dan juga ketidakpahaman masyarakat pemilih maupun petugas di TPS.



Dimana, lanjutnya, dalam Pilkada tahun 2020 di tengah pandemi covid-19 saat ini ada beberapa  hal baru yang harus dipahami oleh pemilih.



Ketua KPU juga menyampaikan bahwa kegiatan pemungutan suara yang akan dilaksanakan tanggal 9 desember nanti akan dimulai pukul 07.00 sampai dengan 13.00 dan dilanjutkan dengan perhitungan suara.



“Penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, pengecekan suhu tubuh dan sebagainya adalah salah satu kewajiban bagi petugas, ” katanya.



Untuk itu, kata dia, pihaknya berharap dalam simulasi yang dilaksanakan ini benar-benar dipahami baik oleh masyarakat maupun petugas di TPS, serta diharapkan pada Pilkada nanti tidak ada klaster baru. Dalam simulasi yang dilaksanakan ini dengan menghadirkan jumlah pemilih sesuai DPT.



KPU Labuhanbatu juga kembali mengingatkan kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk datang menyalurkan hak suaranya ke TPS pada 9 Desember 2020 nanti.



“Begitu juga dengan masyarakat pemilih yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap untuk melapor ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun ke KPU Labuhanbatu. ” jelasnya.



Sementara itu, Cut Rifai menyampaikan sambutan Pjs.Bupati Labuhanbatu mengatakan bahwa akibat adanya pandemi covid-19 yang terjadi di indonesia, tentunya akan memberikan suasana yang berbeda pada pelaksanaan Pilkada tahun ini. Dengan kondisi seperti ini, segala upaya harus dipersiapkan agar pelaksanaan Pilkada tetap berjalan dengan lancar, aman dan sukses.



“Karena itu dengan dilaksanakan simulasi ini tentu sangat penting dilaksanakan guna mencegah penyebaran covid-19 di Labuhanbatu, serta sebagai pembelajaran untuk membiasakan diri pada petugas dan masyarakat, agar mekanisme protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.



Hadir diantaranya, Pjs Bupati Labuhanbatu yang diwakili oleh Kabag Tata Pemerintahan Cut Rifai, Kapolres Labuhanbatu yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Khairuddin,  Dandim 0209/LB yang diwakili oleh Kasdim Muji Santoso, Ketua Bawaslu,  KPU Propinsi Sumut yang diwakili oleh Batara,  tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Labuhanbatu, unsur Forkopimda serta undangan terkait lainnya. (Samuel)

Komentar Anda

Berita Terkini