Pertama Kali Kadisdik Batu Bara Berbagi Buku Gratis di Laut | TOPINFORMASI.COM

Pertama Kali Kadisdik Batu Bara Berbagi Buku Gratis di Laut

/ Minggu, 25 Oktober 2020 / 04.22

 


Topinformasi.com

Batu Bara -Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Ilyas S Sitorus, bersama dengan Dinas Perpustakaan Propinsi Sumatera Utara, dengan naik perahu motor sambangi salah satu desa Semi terisolir, Desa Bandar Rahmat, Kecamatan Tanjung Tiram, Batu Bara, Sumatera Utara, Jumat (23/10/2020). 


Ratusan buku pelajaran dengan judul berbeda diberikan gratis kepada puluhan anak didik usia dini dan Sekolah Dasar (SD), sumbangan dari beberapa penyalur dan Perpustakaan Batu Bara. 


Dalam sambutannya Ilyas Sitorus mengatakan, atas nama Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara sangat prihatin melihat kondisi Desa Bandar Rahmat, karena akses menuju desa harus melalui jalur laut, "hari ini kami turun untuk berbagi buku bacaan dan pelajaran, agar anak didik di Desa Bandar Rahmat bisa bersaing dengan yang lain, " ujar Ilyas. 


Lanjut Kadisdik, Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, juga telah mendirikan Sekolah Dasar Satu Atap (SD Satap) di Bagan Arya wajib belajar 9 tahun, sehingga anak didik yang melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah pertama (SMP) tidak perlu jauh - jauh lagi, "ini dapat membantu orang tua murid dalam hal perekonomian, cukup sekali menyebrang sudah sampai, " jelas Ilyas yang akrab di panggil Ncek Li. 


Kadisdik Batu Bara juga menyerahkan buku pelajaran kepada anak didik di laut Tanjung Tiram dengan menggunakan perahu motor, mayoritas orangtua murid di Desa Bandar Rahmat adalah nelayan. 


Kepala Desa Bandar Rahmat, Submiswan, sangat berterimakasih kepada Disdik Batu Bara dan Perpustakaan yang telah berpartisipasi, mau berkunjung ke Desanya, walau harus mengarungi laut, untuk sampai ke lokasi, "semoga bantuan buku pelajaran ini menjadi amal zariyah bagi bapak dan ibu semoga Allah membalas dengan pahala berlipat ganda, Aamiin, " ungkap Kades harus. 


Lanjut kades, desa kami semakin sulit dikunjungi, karena akses jalan utama putus, akibat abrasi air laut dan saat ini lagi dalam tahap pengerjaan, akses satu - satunya melalui jalur laut, dengan menggunakan jasa penyeberangan perahu motor, dengan kondisi pandemi covid 19 semakin terpuruk perekonomian warga, karena harus mengeluarkan dana lebih, saat ingin membeli kebutuhan pokok keluar, keluh Kades. 


Atas nama warga Desa Bandar Rahmat mengucapkan terimakasih atas kunjungan Disdik Batu Bara dan rombongan, juga terimakasih kami kepada Bupati Batu Bara yang telah mendirikan SD Satap di Bagan Arya, ini dapat mengurangi beban ekonomi warga, pungkas Submiswan. 


Hadir bersama Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus, Kabid Layanan dan Teknologi Informasi Perpusdasu Elyhayati, Erikson Pakpahan, JulianaTaringan, Gultom yang merupakan pejabat di lingkungan Perpusdasu, Ketua K3S Tg Tiram Arfan, Kepala Desa Bandar Rahmad , Sektaris Perpu Kabupaten Batubara  dan Pejabat Lainnya dari Perputakaan Batubara serta Perwakilan Penerbit Nasional seperti Tiga Serangkai, Intan Pariwara, Erlangga, Mas Media, Grafindo.(Sd-red)

Komentar Anda

Berita Terkini