Pidato Presiden RI dalam Sidang MPR RI, Serius Berantas Korupsi.

/ Jumat, 14 Agustus 2020 / 15.34
.
 
topinformasi.com Presiden 
Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR RI. Dalam pidatonya selain menyoroti Ekonomi yang terganggu karena pandemi covid 19 menyoroti juga mengenai "Ekosistem nasional yang produktif dan inovatif tidak mungkin tumbuh tanpa ekosistem hukum, politik, kebudayaan, dan pendidikan yang kondusif," kata Jokowi dalam pidatonya, Jumat (14/8/2020).

Fleksibilitas yang tinggi dan birokrasi yang sederhana, menurut dia, tidak bisa dipertukarkan dengan kepastian hukum, antikorupsi, dan demokrasi.
Semua kebijakan, sambungnya, juga harus mengedepankan ramah lingkungan dan perlindungan HAM. Kecepatan dan ketepatan tidak bisa dipertukarkan dengan kecerobohan dan kesewenang-wenangan.

"Pemerintah tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi. Upaya pencegahan harus ditingkatkan melalui tata kelola yang sederhana, transparan, dan efisien. Hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu," tuturnya.

"Penegakan nilai-nilai demokrasi juga tidak bisa ditawar. Demokrasi harus tetap berjalan dengan baik, tanpa mengganggu kecepatan kerja dan kepastian hukum, serta budaya adi luhung bangsa Indonesia. Agenda Pilkada 2020 harus tetap berjalan dengan disiplin tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan," kata Jokowi.
Sumber : CNBC
Komentar Anda

Berita Terkini