IKAL SMPN 3 Medan Kembali Gelar Baksos Dengan Kegiatan Donor Darah Disumbangkan ke PMI Kab. Langkat

/ Senin, 31 Agustus 2020 / 19.07


Medan  Topinformasi l Ikatan Alumni Lintas (IKAL) SMP Negeri 3 Medan, Korwil Sumatera kembali menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos), berupa kegaiatan Donor Darah, 

“Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah ini adalah pelaksanaan yang sudah ke tiga kali dilakukan, oleh Alumnus Ikal SMP Negeri 3 Medan, Korwil Sumatera. Yang mana, kegiatan ini merupakan kegiatan per Semester, yang setiap tahunnya selalu kita lakukan” demikian dikatakan, Ketua IKAL SMPN3 Medan Korwil Sumatera Zainal Arifin, kepada Topinformasi.com, yang dilaksanakan di Aula Kelompok Tani Bina Bersama, Jalan Jermal 15/ Jalan Peringgan No. 10, Kecamatan Medan Denai, Minggu (30/8).

Lebih lanjut, Zainal mengatakan “Kita sangat menyadari bahwa, dalam situasi Pandemi Covid-19 ini, kebutuhan darah sangat terbatas akan ketersediaannya, di Palang Merah Indonesia (PMI). Akan tetapi, kita tetap punya niat dan tekad, untuk melakukan kegiatan ini dan mengingat juga, kebutuhan darah tersebut sangat diperlukan, oleh banyak Masyarakat” ucapnya. 

Meski kita melakukannya dengan penuh disiplin dan tetap menjaga Protokol kesehatan. Hal ini merupakan pesan dan arahan dari, Gusniati Tarihoran, SKM. MKM, selaku Penanggungjawab dalam pelaksanaan di kegiatan kita ini. Yang mana, beliau (Gusniati Tarihoran), adalah Alumnus tahun 83” ucap Zainal, Alumnus tahun 1983. 

Dalam kegiatan Donor Darah ini, kita bekerja sama dengan PMI Kabupaten Langkat. Dan disamping kegiatan Donor Darah sebagai induk kegiatan, dalam kegiatan ini, kita juga menggelar Pemeriksaan Kesehatan dan Konsultasi secara Gratis, tanpa dipungut biaya pemeriksaan. Yang dipimpin oleh dr. Erni Juwita, bersama beberapa dokter lainnya. dr. Erni adalah Owneer Klinik Gibran Pratama, juga adalah  merupakan Alumnus SMP N 3 Medan, Angkatan 84.

Dalam kegiatan Donor Darah ini, akhirnya kita mendapat 84 Ampul darah dan sebanyak 78 pasien, memeriksakan kesehannya, secara gratis” ucap Zaenal. 

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana, Khairul Badri Siregar Alumni 1994, didampingi Tim Kreatif IKAL SMPN 3 Medan,  mengatakan “Kegiatan Baksos Donor Darah IKAL SMPN 3 Medan Korwil Sumatera ini, dilaksanakan tujuannya adalah, guna meningkatkan kepeduliana ntar sesama manusia” ucap Khairul, yang Lebih lanjut, Khairul mengatakan “Pada kesempatan ini, saya pribadi sangat berterima kasih sekali kepada teman-teman sesama Almuni, yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Donor Darah ini. Dan juga berterima kasih kepada PMI, khususnya PMI Kab. Langkat, Hisana Fried Chicken dan DA Konveksi, yang turut mendukung kegiatan donor darah ini,” ucap Khairul Badri. 




Sementara Koordinator Penanggungjawab kegiatan kepada Topinformasi.com, mengatakan “ terima kasih kepada Rekan-rekan IKAL SMPN3 Medan Korwil Sumatera dan masyarakat, yang telah mendonorkan darah untuk dipergunakan oleh masyarakat pasien yang membutuhkan”  “Dengan ketersediaan  darah, yang telah kita sumbangkan ini, akan sangat bermanfaat bagi yang membutuhkannya,” ucap Gusniati Tarihoran SKM, MKM. 

Lebih lanjut, Gusniati mengatakan “Dalam pelaksanaannya, apabila kita rutin melakukan donor darah, maka sangat banyak manfaat, bagi para pendonor darah. Salah satunya adalah,  untuk laki laki 3 bulan sekali, wanita 4 bulan sekali, maximal 5 kali dalam dua tahun. Karena laki-laki memiliki persediaan zat besinya lebih banyak, di banding wanita. Shingga, membuat jantung kita  senantiasa sehat  membakar kalori. Dan menurunkan risiko kanker, meningkatkan sirkulasi darah yang baru, dengan demikian  pikiran kita akan lebih stabil dan juga dapat menurunkan kolesterol” ucap Gusniati. 

“Dan semoga juga kawan-kawan  se Alumnus, agar  kegiatan ini tetap dilaksanakan, karena tanpa ada dukungan dari kawan-kawan, akan sulit berkelanjutan” ucap Gusniati, yang saat ini Bertugas di Rumah Sakit Umum Haji Medan. Sebagai Kepala Instalasi Central Steril Supply Departement  (CSSD). (Togu Sihite)

Komentar Anda

Berita Terkini