Adaptasi Kebiasaan Baru, Setukpa Lemdiklat Polri Luncurkan Aplikasi e-Setukpa

/ Selasa, 11 Agustus 2020 / 18.33

Topinformasi.com-Sukabumi – Dalam rangka menghadapi adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19, Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri melakukan inovasi dalam melanjutkan proses pendidikan dan latihan yang saat sedang berlangsung melalui Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dengan meluncurkan  program *e-Setukpa*.

Meskipun masih dalam kondisi pandemi covid-19, seluruh komponen pendidikan diantaranya tenaga pendidik, perangkat pengasuh, seluruh personel Setukpa dan para siswa yang saat ini sedang menjalani pendidikan, berkomitmen untuk tetap melahirkan Perwira Pertama Polri yang berkualitas dan sesuai dengan profil lulusan yang diharapkan yaitu : 

Inspektur Polisi yang berkualifikasi sebagai : 

1. Supervisor dalam pelaksanaan tugas pokok Kepolisian yang profesional dan berintegritas.

2. First Line Supervisor yang mampu mengelola sumber daya

3. Analis masalah-masalah harkamtibmas dan penegakan hukum sesuai dengan lingkup  tugasnya.


Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum menjelaskan, aplikasi e-Setukpa dibuat sebagai upaya mempermudah para gadik, pengasuh dan siswa dalam menjalankan proses pendidikan ditengah pandemi covid-19 yang saat ini terjadi

 Untuk para pengasuh dan gadik akan disajikan kemudahan- kemudahan dalam memberikan proses pengamatan, pengasuhan, penilaian yang objektif, transparan serta proses keseragaman dalam penyampaian materi kepada para siswa. Sedangkan untuk siswa akan mendapat kemudahan dalam mengakses semua materi yang akan diterima serta akan mendapatkan pola penilaian yang objektif meskipun proses pembelajaran dilaksanakan secara virtual jarak jauh. 


Aplikasi e-Setukpa ini diakses melalui playstore yg dalam viturnya menyajikan program- program yg dibutuhkan oleh gadik, pengasuh dan siswa.


“Lewat program pendidikan jarak jauh via aplikasi e-Setukpa ini diharapkan bisa memutus mata rantai pandemik Covid-19. Selain itu proses belajar mengajar dinilai lebih mudah dan cepat secara online,” ujar Mardiaz(11/8/2020).


Menurutnya, penggunaan aplikasi e-Setukpa inj akan membentuk pola kehidupan baru bagi para pendidik dan pengasuh agar selalu memfasilitasi pembelajaran dengan menerapkan protokol Covid-19.


“Selain itu, Penggunaan aplikasi e-Setukpa ini diharapkan dapat menjadi teknologi yang sangat membantu proses belajar mengajar, penerapan pola pengasuhan dan evaluasi dalam situasi pandemik Covid-19, yang juga merupakan komitmen Kasetukpa untuk  menjadikan Setukpa Lemdiklat Polri sebagai contoh dan pelopor inovasi dilembaga pendidikan dan pelatihan Polri dalam menghadapi tantangan global menuju revolusi industri 4.0.

Aplikasi e-Setukpa ini pertama kali dilaunching  satu hari setelah siswa SIP Angkatan 49 TA. 2020 dipulangkan ke daerah masing -masing yaitu Selasa 14 Juli 2020 yang diresmikan di Rupatama Setukpa Lemdiklat Polri , Selasa (14/07/2020).


Aplikasi ini sangat mudah digunakan, karena menggunakan Teknologi berbasis Android jadi bisa diakses menggunakan Hp Android para penggunanya.(red)

Komentar Anda

Berita Terkini