Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kapolres Batu Bara dan Bupati Panen Raya Padi | TOPINFORMASI.COM

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kapolres Batu Bara dan Bupati Panen Raya Padi

/ Jumat, 17 Juli 2020 / 06.08

Topinformasi.com
Batu Bara -Ujicoba pupuk organik yang dilakukan  oleh petani padi, dengan menanam varietas unggul bibit Serang Putih telah menunjukkan hasil.

Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir MAP didampingi Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis melakukan panen raya padi perdana menggunakan pupuk organik, Kamis sore (16/7/2020) di areal persawahan Dusun I Tanjung Muda, Kecamatan Airputih, Batu Bara.

Kegiatan panen raya dihadiri kelompok tani, Sekdakab Batu Bara Sakti Alam Siregar, Kepala Dinas Pertanian Mhd Ridwan, Plt. Dirut Utama PT. KIM Adler Manarisan Siahaan, Ketua TP PKK Batu Bara Maya Indriani Zahir, Kasat Binmas AKP M Syafii dan Camat Airputih, Rahmad Khaidir Lubis dan Danramil 02/AP Sertu Herman.

Selanjutnya kegiatan panen dilakukan secara simbolis Kapolres AKBP Ikhwan Lubis dan Bupati Batu Bara Zahir, mengarit padi langsung di sawah.

Dalam kesempatan ini Zahir mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terkhususnya PT KIM yang sudah memberikan pelatihan dan pembinaan kepada kelompok tani dalam mewujudkan pengelolaan sawah padi menggunakan pupuk organic.

“Pelatihan inovasi menggunakan pupuk organi sudah berhasil diterapkan. Dan hasilnya begitu memuaskan, sehingga program ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 berhasil diwujudkan. Program ini akan terus dikembangkan di seluruh desa areal persawahan di Batu Bara. Sinergitas pemerintah daerah dan Polri semakin terwujud demi kesejahteraan masyarakat,” kata Zahir.


Dijelaskan Zahir, penggunaan pupuk organic benar-benar memberikan penghasilan yang begitu besar. Jika selama ini menggunakan pupuk biasa hasil panen hanya 4 ton, namun dengan menggunakan pupuk organic bisa menghasilkan 6 ton. “Penggunaan pupuk organik cair dari asap arang juga dapat menjadi obat serangga,” terang Zahir didampingi Kapolres AKBP Ikhwan Lubis.

AKBP Ikhwan Lubis, mengatakan dengan dilakukan panen raya ini, satu terobosan dalam hal meningkatkan ketahanan pangan juga dapat mamacu bagi petani padi untuk lebih meningkatkan hasil panennya, dengan menekan biaya produksi, "sehingga kedepan kehidupan petani Batu Bara bisa meningkat, " pungkas Ikhwan.

Selanjutnya kegiatan diisi penyerahan Pupuk Organik Cair Asap Arang oleh PT. KIM secara simbolis  kepada kelompok tani. (Sd-red)
Komentar Anda

Berita Terkini