Kombes Riko Sunarko : Wartawan Mata Telinga Polisi "Berikan Baju Kaos Pewarta"

/ Rabu, 08 Juli 2020 / 01.50

Topinformasi.com
Ketua Persatuan Wartawan (Pewarta)  Polrestabes Medan Chairum Lubis, SH silaturahmi ke ruangan Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko, SH, SIK, MSi, Selasa (7/7/2020) sore.

Kedatangan Ketua Pewarta Polrestabes Medan Chairum Lubis, SH bersama Wakil Ketua Khairunnas, penasihat Ismugiman dan anggota disambut hangat Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko.

Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko menyebutkan, wartawan salah satu mata telinga polisi. "Mata telinga kitakan tidak bisa sampai kemana-mana. Kepanjangan mata  dan telinga kita itulah, rekan-rekan wartawan," ungkap Kombes Riko Sunarko.

Kebetulan tahun 2004, saya mendapat penghargaan dari salah satu  stasiun televisi. Karena hari-hari saya kumpul dengan wartawan. Kumpul-kumpulnya bukan masalah kerjaan, tapi sama-sama memiliki hobi yang sama," terangnya.

Dia mengatakan, polisi mengelola keamanan kamtibmas tidak bisa bekerja sendiri,  pasti perlu masyarakat. Anggota kita ini lebih kurang 2368, tidak ada artinya kalau masyarakat sendiri tidak mau aman dan tertib. "Kenapa di Singapura, polisinya sedikit karena manusianya ingin tertib dan aman masyarakatnya. Mau kita kekuatannya dua ribuan, kalau masyarakat tidak mau tertib dan aman selesai, tidak ada artinya, " ujarnya.

Jadi,  sambungnya,  kita mengelola kamtibmas perlu informasi dari masyarakat termasuk keluhan, koreksi,  dan masukan. "Paling sering komunikasi dengan kitakan wartawan. Sambil bincang-bincang seperti inilah bisa tahu informasi, " terang Riko.

Kapolrestabes Medan mengajak mari sama-sama kita tingkatkan kerja sama antara pewarta dengan Polrestabes Medan khususnya jajaran. "Jangan dilihat Rikonya. Kenapa saya bilang seperti itu, suatu saat ada sikap dan perilaku saya kurang berkenan sama-sama teman, jangan terus cuek. Tapi lihat Polresrabes dan jajarannya. Kalau ada perilaku saya kurang pas, tolong saya diingatkan, syukur-syukur saya diberi masukan, bukan hanya ditegur tapi diberi solusi juga, " tandasnya.

Ketua Pewarta Polrestabes Medan Chairum Lubis, SH menyampaikan, setiap ada kegiatan sosial selalu memakai baju kaos Pewarta. "Saya juga meminta izin kepada Kapolrestabes Medan untuk mencantumkan nama setiap pemberitaan kegiatan sosial pewarta," kata Chairum yang juga menjabat Wakil Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut.

Ke depan, kata Pimpinan Redaksi Pewarta.Co ini, hubungan pewarta dan Polrestabes yang sudah baik agar ditingkatkan lebih baik lagi. "Pewarta selama ini selalu mengibarkan "bendera-bendera" Polri," pungkas Wakil Ketua Serikat Media Siber Indonesia(SMSI) Sumut itu. (red)
Komentar Anda

Berita Terkini