Kesiapan Kemensos Memasuki Era New Normal | TOPINFORMASI.COM

Kesiapan Kemensos Memasuki Era New Normal

/ Selasa, 02 Juni 2020 / 07.15


Topinformasi.com-
Untuk memasuki The New Normal atau Tata Hidup Normal Baru, Kementerian Sosial (Kemensos) juga menyasar kesiapan panti-panti sosial yang memberikan layanan pada anak, lanjut usia dan para penyandang disabilitas.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Sekjen Kemensos) Hartono Laras menyikapi persiapan yang dilakukan menghadapi masuknya era the new normal life pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Secara khusus, Kemensos akan mengatur the new norma tata hidup normal baru di lingkungan panti-panti sosial yang memberikan layanan pada anak, lanjut usia dan kepada para penyandang disabilitas yang tersebar di berbagai daerah. Baik yang berada langsung di bawah Kemensos, milik Pemerintah Daerah, maupun milik masyarakat,” ungkap Hartono Laras, di Jakarta, Selasa (02/06/2020).

Hartono Laras mengungkapkan, dalam menangani pandemi Covid-19, kesiapan bansos khusus yang dialokasikan di Kemensos selama 3 bulan ke depan.

“Kita telah punya anggaran 3 bulan. Dan, selanjutnya infonya akan ada perpanjangan, ya kita siap untuk melaksanakan. Tetapi, dengar-dengar sih akan ditambah sampai Desember nanti dengan nilai bantuan yang baru. Kita tunggu saja  tambahan bansos itu,”ucapnya.

Hartono Laras menegaskan, data yang dimiliki mungkin belum sempurna. Data itu diperoleh dengan koordinasi dengan daerah, dan tentu diminta ke setiap desa dan kelurahan melalui mekanisme yang ada.

“Sempurna sih gak bisa, tapi kita harus menjadikan semakin baik. Memang bansos ini harus cepat dan tepat. Memberikan bantuan dengan data yang bagus perlu persiapan dan tak mudah. Akan tetapi, menjadi kacau kalau memberikan bansos enggak pakai data,”pungkas Hartono Laras.(red)
Komentar Anda

Berita Terkini