Merasa Disebutkan Pribadinya!Happy Agusman Zalukhu Kirimkan Hak Jawab/ Koreksi di Media

/ Minggu, 31 Mei 2020 / 15.18


Topinformasi.com-
Happy Agusman Zalukhu Kirimkan Hak Jawab/ Koreksi di Media,Merasa Disebutkan Pribadinya(30/5/2020) mengirimkan suratnya tertanggal 30 Mei 2020 Perihal Hak Jawab/Hak Koreksi Kepada Media Online Topinformasi.com dengan bunyi :
1.Bahwa Afdika Permata Lase sebagai Nara sumber dalam pemberitaan tersebut dalam kapasitas sebagai "aktivis kepulauan Nias...?? atas opini alinea pertama yang menyatakan"Happy Agusman Zalukhu Ketua DPP GAPERNAS Atau LSM GMBI Kep Nias.

"Mana Yang Benar", sangat saya ragukan jiwa dan semangat Jurnalismennya karena yang bersangkutan juga melakukan konfirmasi kepada saya dalam kapasitasnya sebagai wartawan Baraknews( screnshoot terlampir) terkait dengan hak jawab atas pemberitaan yang telah dipublikasikan tersebut.

Hal ini menjelaskan kepada saya bahwa Afdika Permata Lase mencampur adukan profesional sebagai aktivis sekaligus sebagai wartawan sehingga saya merasa bahwa pemberitaan yang dibuat oleh pembuat berita dengan kode"(TZ)tersebut tidak berimbang.
2.Pada Alinea Kedua....dst
3.Bahwa Dalam Masa...dst
4.Pada Alinea...dst
5.Pada alinea yang menyebutkan...dst
6.Status Suar Natal Waruwu...dst
7.Bahwa..dst
8.Bahwa judul..dst
9.Bahwa Bagaimana..dst
10.Bahwa saya..dst



Pemberitaan sebelumnya" Happy Agusman Zalukhu Ketua DPP GAPERNAS Atau LSM GMBI Kep.Nias. "Mana Yang Benar".

Pemuatan hak jawab ini merupakan pelaksanaan rekomendasi Dewan Pers sesuai dengan Peraturan Dewan Pers Nomor 9/Peraturan-DP/X/2008 tentang Pedoman Hak Jawab.

Berita Tayang media online topinformasi.com |  Kamis 28 Mei 2020 dengan judul :

"Mana Yang Benar" Happy Zalukhu Ketua DPP GAPERNAS Atau LSM GMBI Kepulauan Nias, ucap Afdika Permata Lase, Aktivis Kepulauan Nias. Pembicaraan mengenai Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dikepulauan Nias, akhir-akhir ini menghiasi halaman media sosial.

Setelah itu juga diketahui bahwa salah satu pengurus di LSM GMBI Wilter Khusus Kepulauan Nias atas nama Happy Agusman Zalukhu(HZ) mengikuti jejak yang hampir sama, dimana HZ juga masih Mengaku-ngaku diPolres Nias Polda Sumatera Utara dan di instansi pemerintah di sekepulaun Nias sebagai ketua umum Ormas DPP Gapernas Kepulauan Nias.

Beredarnya informasi oknum pengurus GMBI wilter khusus kepulauan Nias, berinisial  HZ yang rangkap jabatan tersebut telah memimpin di dua organisasi di kepulauan Nias saat ini.Dari hasil informasi dan pengamatan awak media  dilapangan, HZ masih aktif memimpin di Ormas DPP Gapernas.

Terpisah, Suar Natal Waruwu sebagai salah seorang Ketua Dewan Pendiri DPP Gapernas Kep Nias,  mengutarakan rasa prihatinnya kepada awak media, Kamis 28/05/2020. Dia sangat menyayangkan sikap kepemimpinan HZ  yang terkesan mencapur baurkan semua Ormas untuk di kuasai.Lanjut, Suar Natal memaparkan dalam kasus yang di atas,  sebagai ketua seharusnya bijak dan tidak terlibat dalam stuktur organisasi LSM/ Ormas lainnya .

Namun disisi lain saya juga tidak mau mengetahui sistem informasi lebih lengkap bagaimana stuktur organisasi dalam kepengurusan LSM tersebut yang dinaungngi nya saat ini."Dari perspektif LSM prinsip non-pemerintah menjadi salah satu standar dasar bagi LSM berdasarkan keyakinan bahwa LSM sebagai salah satu pilar utama demokrasi idealnya dapat berfungsi menjadi penyeimbang pemerintah dan sektor swasta. Menerapkan standar ini menunjukan bagaimana wujud LSM yang sehat untuk mencapai akuntabilitas LSM.

"Kejadian ini menunjukan bahwa prinsip non-pemerintah harus betul-betul diterapkan untuk menunjukan tata kelola yang baik bagi LSM. Jika hal ini dilakukan secara konsisten dan juga sejalan dengan enam standar minimal akuntabilitas lainnya, kepercayaan, dukungan dan legitimasi kepada LSM akan semakin kuat. Sehingga sebagaimana cita-cita Konsil LSM yaitu terwujudnya LSM yang sehat dan kuat, tegas nya singkat(Redaksi/SNW).
Komentar Anda

Berita Terkini