35 Personel Lanud Soewondo Melaksanakan Rapid Test Covid-19

/ Sabtu, 02 Mei 2020 / 13.01


Topinformasi.com- TNI AU. Upaya untuk terus mewaspadai dan mengantisipasi penyebaran wabah virus Covid-19 di lingkungan Lanud Soewondo terus dilakukan guna mendukung upaya Pemerintah untuk percepatan penanganan Covid-19, berbagai upaya pun sudah dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini, seperti membuat himbauan, wajib memakai masker, pengukuran suhu tubuh sebelum masuk lingkungan kantor dan komplek, rajin cuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, menghindari keramaian dan jaga jarak aman saat berinteraksi, penyemprotan desinfektan di komplek perumahan, perkantoran dan fasilitas umum dilingkungan Lanud Soewondo serta yang lainnya.


Sejalan dengan hal tersebut, Kamis, 30 April 2020, sebanyak 35 personel Lanud Soewondo melaksanakan Rapid Test Covid-19 bertempat di RSAU dr. Abdul Malik Lanud Soewondo. Rapid Test ini menggunakan metode serologi, dengan menggunakan sampel darah. Pengambilan sampel darah dilakukan oleh personel tenaga Kesehatan Lanud Soewondo yang menggunakan APD. Waktu dan jarak personel yang melaksanakan Rapid Test ini diatur untuk menghindari berkumpulnya anggota di Rumkit.



Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P. melalui Karumkit dr. Wikho Irwan, Sp.B, menyampaikan bahwa pelaksanaan Rapid Test ini untuk mendeteksi penularan covid-19 pada anggota sekaligus sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Lanud Soewondo, baik anggota, keluarga maupun warga sekitar, dan untuk test kali ini dilakukan khusus kepada personel yang terlibat langsung dalam membantu penanganan eks TKI dari Malaysia saat berada di penampungan sementara di gedung Andromeda eks Bandara Polonia Lanud Soewondo.

Lanjut Karumkit lagi bahwa Rapid Test tidak terlepas dari dukungan Diskesau dan Dinas kesehatan Pemprof Sumut yang menyediakan alat Rapid Test Covid-19.

Terkait hasil pemeriksaan Rapid Test tersebut, Karumkit menyampaikan, bahwa dari semua personel yang di test, hasilnya dinyatakan non reaktif atau negatif, pungkasnya.(Pen Lanud Soewondo)
Komentar Anda

Berita Terkini