Uang Nasabah BNI Raib, Modus Rekening di Blokir Korban Lapor Polisi

/ Senin, 13 April 2020 / 14.51

Topinformasi.com-Batu Bara -Adanya Bank sebagai tempat aman untuk memyimpan uang nasabah, namun kali ini diduga terjadi kecerobohan, dan adanya konsfirasi antar karyawan dan pihak managemen BNI Indrapura, sehingga ratusan juta uang nasabah raib.

Korban Nofri Hendri warga Kelurahan Indrapura Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara  Simpanan di rekeningnya di BNI Indrapura, Batu Bara dibobol, korban membuat laporan tertulis ke Polres Batu Bara.

Demikian penyampaian Nofri Hendri didampingi Direktur YLBH Cakrawala Nusantara Indonesia (YLBH-CNI) Kabupaten Batu Bara Jamal Setiawan pada press releasenya di markas Wappres di Lima Puluh, Senin (13/4/20).

Dikatakan Nofri Hendri, dirinya  diberitahu oleh teller di BNI Indrapura yang menyatakan rekening tabungannya telah diblokir pada Desember 2019 lalu.

Untuk membuka blokir, korban diminta konfirmasi ke costumer service. Saat itu costumer service minta korban menyerahkan buku tabungan dan KTP.

Karena tidak ada kejelasan kenapa rekening tabungannya diblokir, korban minta kembali buku tabungan dan KTP miliknya keesokan harinya.

Setelah beberapa hari tidak ada kejelasan dari BNI Indrapura, Mhd. Rudi Syahdani, seorang security yang telah dikenal korban menyarankan agar memproses di BNI Lima Puluh.

Korban selanjutnya menyerahkan buku tabungan dan KTP-nya kepada costumer service, namun karena tidak ada di kantor karena istirahat, security mrnyarankan agar berkas tersebut diserahkan kepadanya saja.

Alih alih blokir terhadap  rekeningnya terbuka malah belakangan korban mengetahui kalau saldo tabungannya telah dikuras oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Mengenai jumlah uang tabungannya yang dibobol menurut korban Rp. 239 juta lebih. Sisa saldo Rp.14.000. Kindisi tersebut baru diketahui korban pada 14 Februari 2020.

Mengetahui rekeningnya dibobol, korban menemui security namun dengan enteng security  mengatakan tidak tahu menahu mengapa uang dari rekening korban masuk ke rekening pribadinya.

Korban kemudian menemui Kabag Umum BNI Cabang Kuala Tanjung Zen dan mereka pada saat itu bersedia menjembatani mediasi dengan pelaku yang diduga membobol rekening tabungan korban.

Meski ditunggu-tunggu namun  pada mediasi yang dilakukan bank tidak ada kepastian terlebih terduga pelaku telah melarikan diri.

Sementara pihak Bank melalui Kabag Unum BNI Cabang Kuala Tanjung buang badan dengan menulis pesan whatsapp yang intinya sang Kabag akan berdiri disisi bank BNI yang mau tak mau pasti akan terlibat kalau sampai permasalahan ini sampai ke pihak berwajib.

Karena tidak ada kejelasan dari pihak bank akhirnya korban memutuskan membuat laporan tertulis ke Polres Batu Bara, pada 13 Maret 2020.

Menjawab wartawan, Direktur YLBH Cakrawala Nusantara Indonesia (YLBH-CNI) Kabupaten Batu Bara Jamal Setiawan menceritakan kronologis peristiwa yang menimpa korban.

Diceritakan pada 13 Maret 2020,  seorang warga negara bernama Nofri Hendri telah  melaporkan oknum-oknum BNI terkait  raibnya kas di rekening pribadinya, sebagaimana telah diterima dan diteliti berkasnya oleh Penyidik Polres Batu Bara dengan Surat No :  B/388/III/Res.1.11/2020/Reskrim.

Oleh karena itu, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Cakrawala Nusantara Indonesia menyatakan sikap sebagai berikut :

Pertama,  mendesak Otoritas Jasa keuangan sebagai lembaga Pengawasan Jasa keuangan Bank dan non Bank di Republik ini untuk bersikap aktif sesuai dengan kewenanganya terkait persoalan ini dengan mengkedepankan akuntabilitas,transparansi, parsial.

Kedua, meminta Polres Batu Bara dan jajaranya untuk melakukan langkah-langkah penegakan hukum terhadap persoalan ini agar memberi efek jera sekaligus pembelajaran bagi lembaga keuangan lainya untuk tidak melakukan hal yang sama.

Ketiga, sebagai kelompok masyarakat sipil  YLBH-CNI menilai bahwa BNI tidak prima dalam memberikan proteksi pada nasabahnya terhadap  potensi “human error”. Dan sebagai BUMN, BNI harus membuka diri dan menjadikan ini momentum melakukan perbaikan managerial mengingat kejadian ini berpotensi menurunkan kepercayaan public dan bukan tidak mungkin terulangnya kejadian yang sama.

Keempat, YLBH-CNI mengajak seluruh masyarakat sipil memberikan perhatian khusus terhadap persoalan ini, agar menjadi pembelajaran bersama.

Sementara pihak BNI Cabang Kuala Tanjung melalui Kabag Umum Zen melalui pesan whatsappnya, Senin (13/4/20) membenarkan saat ini permasalahan sedang didalami oleh kepolisian.

Berikut isi pesan whatsapp Kabag Umum BNI Cabang Kuala Tanjung selengkapnya :
" Maaf sebelumnya pak guntur, bahwa yg bapak maksud R tersebut bukan staf melainkan cuma pegawai outsourcing/satpam di BNI"

"Saat ini permasalah tersebut sedang didalami oleh kepolisian pak"

"Dan statusnya juga belum ada apakah pelaku atau disuruh melakukan. Makanya dari awal sdh saya sampaikan bahwa kasus ini sedang didalami pihak kepolisian pak"

"Bapak tahu nomor HP saya dan saya menyimpulkan kalau bapak juga sdh tahu dengan siapa bapak ngechat".

Korban mengetahui simpanan tabungannya di BNI Indrapura di bobol, setelah ada masuk SMS Banking di ponselnya.

Naif,  kejadian ini dapat merusak kepercayaan nasabah terhadap pihak BNI untuk menyimpan uang di Bank tersebut. (Sd-red)
Komentar Anda

Berita Terkini