Bantuan APD Percepatan Penanganan Covid-19 Untuk Sumatera Utara Tahap 4 Tiba di Lanud Soewondo

/ Sabtu, 25 April 2020 / 11.06

Topinformasi.com- TNI AU. Upaya untuk terus mendukung pemerintah dalam percepatan penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19, Lanud Soewondo Medan kembali membantu pendistribusian Alat Perlindungan Diri ( APD ) kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Pemerintah pusat melaksanakan pendistribusian APD ke Medan Sumatera Utara menggunakan pesawat TNI AU jenis Boing A-7306 yang landing di Lanud Soewondo pada pukul 13:22 Wib, hal pendistribusian APD ini sesuai dengan instruksi Panglima TNI.


Setelah tiba, seluruh kru pesawat langsung di periksa kesehatan dan dicek suhu tubuhnya oleh personel kesehatan, serta seluruh APD yang diturunkan dari pesawat disemprot dengan cairan desinfektan. Jumat ( 24/4/2020 ).

Proses penurunan APD dari pesawat diawasi langsung oleh Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., dan Karumkit dr Abdul Malik Lanud Soewondo, Mayor Kes dr. Whiko Irwan, Sp.B.

Setelah dibongkar, ribuan APD tersebut diangkut ke Apron Charlie Lanud Soewondo serta disemprot Desinfektan, selanjutnya Danlanud Soewondo menyerahkan secara simbolis kepada Dandim 0102/BS Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga dan dilanjutkan kepada Kepala Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara.
Alwi Mujadid Hasibuan.

Danlanud Soewondo mengatakan bahwa bantuan APD ini berasal dari pemerintah pusat, dan ini sudah yang keempat kalinya kita membantu mendistribusikan dari pemerintah pusat ke provinsi Sumatera Utara, yang pertama sebanyak 7.000 APD dan 35.000 masker, yang kedua 10.000 APD dan 6.000 masker, ketiga sebanyak 8.000 APD, dan kali ini sebanyak 6.300 APD. Dengan bantuan APD ini diharapkan bisa membantu kita di Sumatera Utara, baik di Medan maupun di kabupaten Kota lainnya yang akan distribusikan ke rumah sakit- rumah sakit rujukan Covid 19 melalui Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara.
Dengan APD ini kita berharap dapat memberikan keamanan dan rasa nyaman bagi para petugas medis sebagai garda terdepan dalam percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Sumatera Utara khususnya, kata Danlanud Soewondo.

Setelah dilakukan serah terima, APD tersebut diangkut dengan menggunakan 2 unit mobil box milik Dinkes Provinsi Sumatera Utara dan mobil box milik BPBD Provinsi Sumatera Utara.(Pen Lanud Soewondo)
Komentar Anda

Berita Terkini