Kapolda Sumut : Kita Tidak Boleh Meniru Kegagalan yang Dialami Negara Italia Dalam Pencegahan Covid-19

/ Sabtu, 28 Maret 2020 / 16.30

Topinformasi.com-Medan - Usai mengelar apel Tim Gabungan yang diikuti oleh anggota TNI - Polri dan Stakeholder Pemprovsu dan Kota Medan yang berlangsung di depan Pos Lantas Lapangan Merdeka, Medan, Selasa (28/3/2020) pagi, sekira pukul 08.00 WIB

Kapolda Sumut, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin Sormin, M.Si mengatakan kepada wartawan bahwa pagi ini pihaknya ingin menyemprotkan disinfektan ke seluruh ruah jalan Kota Medan.

Dalam apel Tim Gabungan tersebut diikuti oleh anggota TNI - Polri, Stakeholder Pemprovsu dan Kota Medan, petugas Damkar Kota Medan, BPBD Kota Medan dan Sumut, Dishub Medan, Satpol PP Medan.

"Hal ini kita lakukan untuk menunjukan kepada masyaraka bahwa kita ada. Bahwa pemerintah melakukan penanganan Virus Covid-19 ini dengan baik," kata Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin Sormin.

Selain itu, Polda Sumut bersama Kodam I/BB memilik komitmen yang sama untuk memberikan ketenangan kepada masyarakat.

"Memang ada beberapa bahan baku yang kita tidak miliki, tetapi dengan sumber daya yang ada, kita gunakan disinfektan buatan kita sendiri untuk meyemprot tempat-tempat umum (Publik). Penyemprotan ini mungkin yang ketiga kalinya dilakukan," terang Kapolda Sumut kepada wartawan.

Kemudian Kapolda ingin mengingatkan masyarkat untuk mematuhi protokol. Anda dirumah untuk melindungi diri sendiri dan untuk Indonesia, sementara kami diluar terus bekerja untuk anda sekalian. Mengapa demikian, karena penyebaran Virus Corona ini bisa menular melalui udara, berjabat tangan, batuk dan bersin dan sebagainya dan masyarakat wajib menggunakan masker dan menggunakan Alat Pelindung Diri yang ada jika melakukan aktivitas di luar rumah.

Selanjutnya mengenai pengalihan arus lalu lintas, sebetulnya jalan di Kota Medan sudah harus ditutup, namun karena adanya berbagai pertimbangan, kalaupun ditutup untuk apa?.

"Kita juga tidak boleh meniru kegagalan yang dialami oleh Negara Italia. Gagal mengatasi penyebaran Virus Corona ini dan masyarakat abai dalam hal ini. Ini kita harapkan masyarakat juga harus pro aktif untuk mengantisipasi penularan Virus Corona dan peristiwa ini bukan main-main dan ini serius, karena virus Corona ini harus ditangani dengan serius," urai Kapolda Sumut.

Sambung Kapoda menjelaskan, penularan Virus Covid-19 ini begitu cepat dan bisa dilihat terhadap Negara Italia, Negara Eropa, Spanyol, Vatikan dan Negara Iran, bahwa Negara-Negara tersebut saat in guncang dengan isu Virus Corona ini.

"Harapan saya, masyarakat tetap di rumah dan biar kami diluar untuk bekerja kepada masyarakat," harapnya.

Kemudian Kapolda Sumut melakukan peninjauan terhadap personil yang akan berangkat melakukan penyemprotan, Kepada petugas Kapolda Sumut menginstruksikan agar membubarkan massa yang berkumpul.

"Jika ada ditemukan masyarakat yang masih berkumpul, mohon dibubarkan, jika tidak mau membubarkan diri segera lakukan pembubaran paksa dengan disemprot gas air mata," tegas Kapolda.(red)
Komentar Anda

Berita Terkini